Dopokan Budaya

[fib.unsoed.ac.id, Rabu, 18/07/2018] Lab Sasdaya Fakultas Ilmu Budaya mengadakan acara Dopokan Budaya Rabu, 18 Juli 2018 bertempat di Ruang Rapat 1 Fakultas Ilmu Budaya. Dopokan Budaya merupakan kegiatan silaturahmi akademik informal civitas akademika di Lingkungan FIB di bawah payung Lab Sasdaya. Kegiatan ini dilatarbelakangi keinginan para dosen untuk memiliki wadah komunikasi akademik yang tidak terlalu formal sehingga dalam perjalanannya tidak berlangsung dengan suasana yang kaku disamping karena masih minimnya forum silaturahmi akademik yang dimiliki oleh fakultas.

Dalam kegiatan perdananya forum sharing ini memunculkan pembicara dari prodi pendidikan Bahasa Inggris yang melontarkan ide tentang pembelajaran yang seharusnya dijalankan untuk mengantarkan (maha) siswa berperan dalam kehidupan masa depan yang tidak predictable dengan mengambil judul "Menatap Kurikulum Pendidikan Indonesia Masa Depan."
Dalam kesempatan tersebut salah satu poin yang ditekankan adalah perlunya memahami karakter serta paparan pengalaman siswa sehingga proses pembelajaran menjadi bernilai bagi kehidupan mereka karena meraka adalah calon calon pemimpin babak 2 dari abad 21.

Para peserta juga membagikan pengalaman mereka ketika berinteraksi dengan berbagai karakter pembelajar di kelas.
Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan secara regular 1 bulan 1 kali yang mengambil waktu hari Jum'at kesatu. Adapun pembicaranya adalah peserta diskusi tersebut secara bergantian.