Artikel

FIB dengan Balai Bahasa Jawa Tengah Gelar Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI)

Dalam rangka kerja sama Balai Bahasa Jawa Tengah dengan Universitas Jenderal Soedirman, Prodi Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya beserta Balai Bahasa Jawa Tengah mengadakan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) tanggal 17 Mei 2016 di ruang B.105 Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Elly Triasih selaku wakil dekan FIB bidang II. UKBI adalah tes standar yang dirancang guna mengevaluasi kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa dosen dan mahasiswa di lingkungan FIB.

Tahapan UKBI terdiri dari 5 seksi, yaitu mendengarkan (40 soal), merespons kaidah (25 soal), membaca (40 soal), menulis (1 soal), dan berbicara (1 soal). Namun, UKBI di FIB dilaksanakan 3 seksi, yaitu mendengarkan, merespons kaidah, dan membaca karena keterbatasan waktu. Menurut Enita Istriwati selaku narasumber dari Balai Bahasa Jawa Tengah, bahasa sebagai jati diri bangsa dan nilai suatu bangsa terletak pada bahasanya. Sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Tengah tahun 2015 bahwa pekerja asing yang bekerja di Jawa Tengah wajib mengikuti UKBI. Manfaat UKBI dapat digunakan untuk sertifikasi guru dan syarat mengajukan beasiswa unggulan bagi dosen dan calon sarjana.

Semua peserta UKBI, baik dosen maupun mahasiswasangat antusias mengikuti tes tersebut. Semua peserta UKBI dipastikan lulus karena UKBI bukan merupakan tes pencapaian (achievement test), melainkan tes kemahiran (profiency test). Oleh sebab itu, terdapat pemeringkatan kemahiran dari skor tertinggi sampai dengan skor terendah, yaitu Istimewa (725-800), Sangat Unggul (641-724), Unggul (578-640), Madya (482-577), Semenjana (405-481), Marginal (326-404), dan Terbatas (251-325).

Beberapa universitas di Jawa Tengah telah menjadikan UKBI sebagai salah satu prasyarat ujian akhir. Selain itu, FIB Unsoed berencana akan menerapkan UKBI sebagai salah satu syarat kelulusan selain TOEFL untuk calon sarjana Prodi Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuan dari kegiatan UKBI ini adalah pemartabatan bahasa Indonesia khususnya secara nasional dan umumnya secara internasional.