FIB Idol ajang Pencarian Talenta

Peringatan hari ulang tahun Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jenderal Soedirman yang ke-4 dirayakan dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah FIB Idol. FIB Idol merupakan kegiatan pencarian minat dan bakat terpendam yang dimiliki oleh mahasiswa khususnya mahasiswa FIB. Kegiatan tersebut sebagai lomba minat bakat dari sebuah konsep Festival Budaya dan termasuk dalam rangkaian Does Natalis Fakultas Ilmu Budaya Unsoed. Festival Budaya tersebut dilaksanakan pada Minggu, 25 November 2018 bertempat di aula gedung D FIB Unsoed. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan kerja sama antara dosen, karyawan, dan mahasiswa untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Kategori bakat yang dilombakan dalam FIB Idol diantaranya adalah menulis puisi dan cerpen, menyanyi pop dan dangdut/keroncong, serta menari tradisional dan modern.
Kegiatan FIB Idol dibuka lewat penampilan dari Sindi Puja yang merupakan juara I FIB Idol kategori menyanyi pop pada tahun sebelumnya. Sindi membuka kegiatan FIB Idol dengan menyumbangkan suara emasnya lewat lagu yang berjudul Egois. Kemudian disusul sambutan oleh Wakil Dekan III FIB yaitu Imam Suhardi, S.S., M.Hum. Setelah sambutan selesai, kegiatan kemudian beranjak ke acara inti yaitu penampilan bakat-bakat peserta FIB Idol sesuai dengan nomor urut yang diperolehnya. Terdapat beberapa kategori untuk ditampilkan diantaranya menyanyi pop, dangdut, keroncong, menari tradisional dan modern. Selain itu, ajang kreativitas menulis juga menjadi pertimbangan pencarian minat dan bakat di FIB, diantaranya menulis puisi dan cerpen.
Pengumuman pemenang masing-masing kategori menjadi hal yang ditunggu oleh para peserta dan tamu undangan. Berikut daftar pemenang dari masing-masing kategori. Kategori menyanyi pop dimenangkan oleh Alpita Maharani sebagai juara I dan Ariesta Ayu Honesty sebagai juara II. Kategori menyanyi dangdut/keroncong dimenangkan oleh Dwi Cipta sebagai juara I dan Alpita Maharani sebagai juara II. Kategori menari tradisional dimenangkan oleh Fitriana dan Tyas Mar’atul Azizah sebagai juara I dan Elvah Fathin A. sebagai juara II. Kategori menari modern dimenangkan oleh tim Ezar Bagus Ryandi sebagai juara I dan Novtitan Fahlevia sebagai juara II. Selanjutnya kategori menulis cerpen dimenangkan oleh Fauzan Ahladzikri sebagai juara I dan Umi Marfathonah sebagai juara II. Selanjutnya kategori yang terakhir yaitu menulis puisi dimenangkan oleh Fauzan Ahladzikri sebagai juara I dan Nur Titin Puspita Sari sebagai juara II.
Beberapa rangkaian terlaksana dengan meriah berkat partisipasi peserta, dukungan tamu undangan, serta penonton. Sebagai penutup ditampilkan pertunjukan Liong oleh Hima D-3 Bahasa Mandarin yaitu Huashan.