Artikel

FIB Sambut Delegasi Unsoed Intercultural Summer Camp 2016

Unsoed gelar acara  tahunan yaitu Summer Camp dalam salah satu wujud IRO (International Relationship Officer). Fakultas Ilmu Budaya salah satu fakultas yang dikunjungi oleh para delegasi pada Selasa, 16 Agustus 2016 dengan tema "Perkenalan Budaya dan Makanan Khas Banyumas". Delegasi berasal dari beberapa negara, yaitu Thailand, Vietnam, Belgia, dan Belanda.

Kedatangan para delegasi disambut dengan penampilan Barongsai dari mahasiswa Prodi D3 Bahasa Mandarin sekaligus diantarkan ke ruang B105. Sambutan dari Dekan FIB, Drs. Bambang Leloni, M.Hum.,membuka acara kunjungan tersebut. Pertunjukan tari kolaboratif oleh Lynda Susana W.A.F., M.Hum., dan Bawor sebagai ikon Banyumas diiringi lagu ‘Lengger Menthel’. Para delegasi terkesima dengan penampilan tarian tersebut sehingga diajak turut serta menari bersama. Penampilan selanjutnya dipersembahkan oleh mahasiswa D3 Bahasa Mandirin berupa pertunjukan 'Taichi'. Tak ketinggalan pula penampilan 'Kentongan' yaitu kesenian khas Banyumas oleh Bawor dan tim.

Selain itu para delegasi dapat mencicipi kudapan khas Banyumas yang akan dijelaskan sejarah dan proses pembuatan oleh Erna Wardani, M.Hum., sertat dapat berinteraksi dengan mahasiswa yang mendampingi para delegasi. Makanan khas Banyumas tersebut, diantaranya mendoan, nopia, jenang jaket, kripik tempe, gethuk goreng, dan badek/nira. Para delegasi sangat tertarik dan terkesima dengan budaya yang ditampilkan, serta penasaran dengan rasa makanan khas Banyumas yang telah dihidangkan. Sebagai penutup, para delegasi berfoto dengan Wakil Dekan bidang kerja sama dan kemahasiswaan, Imam Suhardi, S.S., M.Hum. Kemeriahan acara tersebut diharapkan menjadikan hubungan kerja sama lebih baik ke depannya bagi institusi yang menaungi para delegasi dan IRO Unsoed.