Artikel

FIB Unsoed Menerima Kunjungan RELO, Kedubes AS dalam Pembukaan Microscholarship Access Program 2017-2019

(Purwokerto, 7 November 2017) Fakultas Ilmu Budaya, UNSOED menerima kunjungan Mr. William Little, selaku officer RELO (Regional English Language Office), Bidang Urusan Publik, Kedubes AS di ruang pertemuan dan aula kampus Ilmu Budaya. Kunjungan tersebut adalah bagian dari pelaksanaan program Microscholarship Access Program dari Pemerintah Amerika Serikat dimana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNSOED dipercaya menjadi penyelenggara untuk site Purwokerto.

Dalam kunjungannya, Mr. William Little melakukan serangkaian kegiatan yang dimulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB, di antaranya ramah tamah dengan dewan pejabat Fakultas Ilmu Budaya UNSOED, pertemuan dan tanya jawab dengan peserta program Microscholarship Access beserta orang tuanya, penyerahan Certificate of Award sebagai bentuk penghargaan kepada para peserta karena telah berhasil diterima dalam program tersebut setelah melalui proses tahapan seleksi dan akhirnya acara ditutup dengan sesifoto bersama.

Acara dimulai dengan pertemuan dengan dewan fakultas melibatkan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kaprodi S1 dan D3 di Fakultas Ilmu Budaya dalam rangka ramah tamah dan penerimaan kunjungan. Dalam pertemuan tersebut dibahas juga mengenai Program Microscholarship Access dan kemungkinan kerjasama lanjutan seperti fellowship exchange dan pengiriman native speaker dari pihak Amerika Serikat untuk Fakultas Ilmu Budaya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pertemuan antara pihak RELO dengan peserta Microscholarship Access Program beserta orang tua. Pertemuan ini diikuti oleh 60 siswa peserta yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa beserta orang tua. Dalam pertemuan ini, Mr. William Little berkesempatan menjelaskan hal-hal terkait MicroScholarship Access seperti tujuan, manfaat, cakupan dan kelanjutan program kepada peserta dan orang tua.

Microscholarship Access adalah program yang dimulai di Maroko pada tahun 2004 dan kini berjalan di 85 negara dan memiliki lebih dari 110 ribu alumni. Program ini bertujuan untuk membangun kesempatan, jaringan dan kemampuan bahasa Inggris bagi peserta yang terpilih sehingga mereka memiliki masa depan yang lebih baik.”Ungkap beliau.

Setelah diskusi, para peserta menerima Certificate of Award yang diserahkan langsung oleh Mr.William Little dan berkesempatan untuk melakukan sesi foto dengan beliau. Para peserta dan orang tua terlihat sangat antusias dengan kedatangan beliau dengan meminta sesi foto pribadi dan menyerahkan oleh-oleh khas Banyumas. Sementara itu para peserta terlihat bahagia dan bangga karena telah berprestasi menjadi bagian dari keluarga besar Microscholarship Access Program. Rangkaian acara berakhir dengan sesi foto hingga pukul 18.00.

“Saya sangat bangga bisa terpilih untuk mengikuti program ini. Apalagi setelah saya mengikuti proses pembelajaran yang interaktif di kelas, saya menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti program hingga akhir. Program ini memperluas wawasan saya dan memberi sayak kesempatan bertemu teman-teman baru. Dengan mengikuti program ini saya berharap dapat mengasah kemampuan komunikasi dan berbahasa, khususnya Bahasa Inggris.” Jelas Ferdy Andhika Jatra, siswa SMK Negeri Bojongsari yang merupakan peserta program untuk tingkat SMA/SMK.

Microscholarship Access Program sendiri merupakan program Pemerintah Amerika untuk siswa-siswi SMA kelas X dan Mahasiswa Pendidikan/Sastra/Bahasa Inggris tahun pertama yang diseleksi untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris selama 2 tahun. Walaupun di berbagai daerah di Indonesia program tersebut sudah berjalan, Purwokerto baru berkesempatan menjadi site program untuk periode 2017-2019 dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNSOED sebagai penyelanggaranya dan disponsori sepenuhnya oleh RELO Kedubes Amerika Serikat. Di Unsoed sendiri, rangkaian program ini, seperti proses pendaftaran dan seleksi peserta dimulai pada September 2017. Sedangkan proses pembelajaran dijadwalkan pada hari Selasa dan Kamis sore dan sudah berjalan sejak 24 Oktober 2017. Penyelanggaraan Microscholarship Access Program didukung sepenuhnya olehCivitas Akademika Fakultas Ilmu Budaya dan Universitas Jenderal Soedirman.