Artikel

Jurnal Lingua Idea FIB Unsoed Gelar Workshop Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional

Karya Ilmiah berupa artikel yang diterbitkan melalui jurnal didasarkan pada aturan-aturan tertentu dan proses seleksi sesuai dengan kualitas penulisannya. Baik jurnal internasional maupun nasional mempunyai tolok ukur masing-masing, tetapi penulis dapat berlatih beberapa cara untuk meningkatkan kualitas artikel ilmiah yang ditulisnya. Oleh sebab itu, jurnal ilmiah Lingua Idea Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan "Workshop Penulisan Artikel Bidang Bahasa, Sastra, dan Budaya Untuk Publikasi Jurnal Ilmiah Nasional danInternasional" Rabu, 27 Juli 2016 di aula FIB Unsoed. Tedapat dua narasumber yang sudah tidak asing lagi dalam dunia penulisan artikel dalam jurnal, yaitu Prof. Yudha Thianto, PhD., dari Trinity College Amerika Serikat untuk bidang linguistik dan Aquarini Priyatna, M.A., M.Hum., PhD dari Universitas Padjajaran untuk bidang sastra. Workshop tersebut dibuka oleh Rizky Februansyah, M.Hum., selaku wakil dekan bidang perencanaan dan pendidika, serta dihadiri oleh staff pendidik, mahasiswa, dan pemerhati bidang bahasa, sastra, dan budaya.

Para peserta workshop sangat antusias karena kedua narasumber memberikan tips dan trik agar artikel para peserta workshop dapat dipublikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional. Dalam sesi pertama secara umum kedua narasumber memberikan langkah-langkah menulis artikel ilmiah dan beberapa cara mempublikasikan artikel ke jurnal nasional maupun internasional. Sesi kedua dibagi menjadi dua ruang antara bidang linguistik dan sastra untuk mempermudah pembimbingan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Dalam sidang panel bidang linguistik dibimbing oleh Prof. Yudha Thianto, PhD., sedangkan bidang sastra dibimbing oleh Aquarini Priyatna, M.A., M.Hum., PhD.

Prof. Yudha Thianto, PhD., memberikan beberapa cara yang diberikan dalam bidang linguistik adalah menentukan topik yang baik dan dapat diterima oleh jurnal internasional menjadi hal utama penulis artikel. Kriteria topik yang baik adalah topik mempunyai ciri khas (tidak bersifat umum) dan baru (up to date). Kebaruan yang dimaksud adalah sesuatu yang menjembatani kekosongan-kekosongan dalam ilmu pengetahuan yang sudah ada, misalnya penelitian-penelitian perbandingan atau analisis kontrastif. Selanjutnya, pemilihan kata dalam penulisan artikel, lebih baik menggunakan kalimat aktif dan subjek dalam setiap kalimat menggunakan kata ganti “saya”.

Dalam bidang sastra, Aquarini Priyatna, M.A., M.Hum., PhD., memberikan langkah-langkah kepada peserta workshop sebelum mempublikasikan artikelnya dalam jurnal nasional maupun internasional, antara lain perlu dilakukan riset terhadap jurnal yang dituju sebagai tempat artikel kita dipublikasikan berkaitan dengan gaya penulisannya, kutipan diharapkan dari artikel jurnal yang dituju agar meningkatkan H-indeks jurnal tersebut, bahan referensi/rujukan sebaiknya kurang dari 10 tahun dari waktu penulisan artikelnya, serta bahan referensi diharapkan dari buku teks karenaterbarukan mengenai isu masalah dalam bidang ilmu yang berkembang.