Artikel

Keantusiasan PKKM Fakultas Ilmu Budaya Unsoed

Rabu dan Kamis, 23-24 Agustus 2017 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) melaksanakan program Pengembangan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa (PKKM). Program ini merupakan program tahunan yang dicanangkan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru agar memiliki karakter jujur, cerdas, peduli, dan tangguh dalam mengasah kemampuan soft skills yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa untuk mencapai sukses mulia. Dalam pelaksanaannya dibagi beberapa kelompok dan setiap kelompok dipandu oleh seorang trainer dan dibantu oleh seorang co-trainer.

Fakultas Ilmu Budaya menyiapkan 11 trainer dan 11 co-trainer. Satu diantaranya bertugas sebagai satgas trainer dan satgas co-trainer. Berdasarkan data dari kemahasiswaan, FIB menerima mahasiswa baru berjumlah 425 orang yang diwajibkan untuk mengikuti PKKM. Terdapat beberapa mahasiswa baru yang tidak dapat mengikuti kegiatan PKKM karena sakit. Selain itu, apabila mahasiswa baru tidak memenuhi syarat kehadiran yakni 75% maka yang bersangkutan tidak mendapat sertifikat PKKM. Bagi mahasiswa yang belum mendapat sertifikat, diimbau untuk mengikuti PKKM di tahun yang akan datang. Sertifikat PKKM ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu syarat yudisium.

Terdapat berbagai cerita di balik terlaksananya PKKM yang tersusun begitu sistematis dan terstruktur. Lima sesi dalam rangkaian PKKM dimulai dari menuliskan cita-cita, menentukan tujuan, mengatur strategi, hingga melakukan tindakan nyata sebagai bentuk realisasi. Penerapan PKKM divisualisasikan ke dalam berbagai permainan menarik seperti pembangunan menara yang indah, tinggi, dan kokoh yang menyimulasikan karakter kerjasama, kejujuran, serta kegigihan.

Peserta PKKM asal program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Novia Sulaimah berkesan, “Sangat bermanfaat karena selama PKKM saya mendapatkan pengetahuan tentang karakter mahasiswa. Dibantu dengan trainer dan co-trainer yang asik membuat PKKM semakin menyenangkan.” Novia juga berharap agar PKKM akan terus berlanjut untuk generasi soedirman yang akan datang dengan kegiatan yang semakin kreatif dan memotivasi.