Artikel

Kuliah Umum "Menulis Ilmiah Bidang Pendidikan Bahasa"

Kuliah umum Jurusan Pendidikan Bahasa yang bertempat di ruang B.105 Fakultas Ilmu Budaya Unsoed 14 November 2016. Prof. Dr. Suherli Kusmana, M.Pd. sebagai narasumber mengusung tema "Menulis Ilmiah Bidang Pendidikan Bahasa". Adapun peserta kuliah umum dihadiri mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris serta para dosen Jurusan Pendidikan Bahasa.

Dalam pemaparan kuliah, Prof. Suherli mengujarkan bahwa terdapat empat kemampuan dasar abad ke-21, diantaranya yaitu (1) life long learning skill, (2) communication skill, (3) decision making skill, (4) interpersonal skill. Selain itu, Prof. Suherli juga mengajak peserta untuk mengenal kurikulum 13 yang diawali dengan mengingatkan kembali tujuan pendidikan nasional. Disebutkan dalam pasal 3 UU Nomor 20 tentang Sisdiknas, terdapat 9 tujuan diknas yang dua diantaranya ditekankan oleh Prof. Suherli yakni menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Menurutnya, tujuan pendidikan bukan lagi sekadar mencerdaskan kehidupan bangsa.

Memasuki intisari perkuliahan, Prof. Suherli mengawali dengan hubungan antara etika akademik dan masyarakat akademik. Salah satu yang sangat disayangkan beliau ialah menyoal tingkat kepercayaan diri pada mahasiswa. "Mayoritas mahasiswa saat ini kurang PD sih," ungkapnya dengan gerak layu. Hal ini terbukti mahasiswa bungkam saat ditanya pendapatnya tentang pengertian belajar. Padahal, sebuah paragraf (baca: landasan teori) seharusnya dimulai dari pemahaman logis penulis, kemudian diperkuat dengan pendapat ahli.

Demikian Beliau memaparkan kuliah umum yang diawali dengan pemahaman kompleksitas problematika pendidikan, dikawal dengan kurikulum 13, dan dipungkas dengan kupasan tentang menulis karangan ilmiah.