Artikel

Kuliah Umum Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran

Tidak berselang lama penyelenggaraan kuliah umum oleh Jurusan Pendidikan Bahasa, Senin 21 November 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Unsoed menggelar kuliah umum dengan tema "Penerapan Kurikulum 2013 ke Dalam Pembelajaran". Kuliah umum yang menghadirkan dosen tamu sivitas akademika SMAN 1 Purwokerto Drs. Eko Adi Widiyanto. Lebih dari seratus mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia baik angkatan 2014, 2015, maupun angkatan 2016 turut memadati ruang perkuliahan B.105 FIB Unsoed.
Mengawali paparan kuliah, Drs. Eko menanyangkan slide delapan standar pendidikan, diantaranya standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, serta standar pembiayaan. Diantara empat standar yang utama, menurut Drs. Eko dapat selesai disosialisasikan melalui pelatihan penerapan kurikulum 2013. Adapun empat standar berikutnya merupakan dampak dari empat standar utama.
Mahasiswa Prodi PBSI mendapatkan bekal dan pencerahan sebelum melakukan pengajaran mikro dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengenai penerapan kurikulum 2013 tersebut. Melalui kecakapan calon pendidik inilah generasi bangsa akan terbentuk. Jayalah selalu pendidikan di Indonesia.