Malkasi 2018

Pada tanggal 8-9 September 2018, Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia (Himasasi) mengadakan kegiatan tahunan untuk menyambut mahasiswa baru, yaitu Malkasi atau Malam Keakraban Sastra Indonesia. Malkasi adalah salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia atau Himasasi. Malkasi terbentuk dari kata malka, yang menurut KBBI kata malka berarti tempat bertemu.
Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia 2018 dengan jumlah 54 mahasiswa dari 60 mahasiswa. Selain itu ada juga panitia yang terdiri dari perkumpulan mahasiwa Sastra Indonesia mulai dari 2015 sampai 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Putih, Baturraden, dimulai pukul 08:40 bertempat di kampus Fakultas Ilmu Budaya tepatnya di ruangan B 105. Acara diawali dengan pembukaan berupa sambutan ketua pelaksana Malkasi, yaitu Bagas Dwi Satrio dari Sastra Indonesia angkatan 2016 yang sekaligus salah satu pengurus Himasasi dan Kompasia, lalu sambutan kedua dari ketua Himasasi Muhammad Robby Firly dari Sastra Indonesia angkatan 2015, dan sambutan terakhir sekaligus dibukanya acara Malkasi secara simbolis oleh pembina Himasasi, yaitu Ibu Nila Mega Marahayu S.S., M.A.
Acara dilanjutkan dengan pengenalan para pengurus Himasasi periode 2017-2018, pengenalan para pengurus Mesiu, dan diakhiri dengan pengenalan kompasia. Setelah itu masuk ke acara inti, yaitu diskusi dan pemaparan materi tentang imajinasi dengan narasumber Riana Nur Aditya dan Debi Hilda dari Sastra Indonesia 2016. Acara tersebut semakin menarik ketika Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Unsoed, yaitu Bapak Imam Suhardi S.S., M.Hum. turut hadir dan menambahkan materi dengan berkata bahwa “Tidak ada pemimpi yang salah, yang ada pemimpi yang malas”.
Kegiatan Malkasi 2018 dilanjutkan dengan diadakannya berbagai permainan yang bertujuan untuk mengakrabkan antarmahasiswa baru 2018 maupun antara mahasiswa baru angkatan 2018 tersebut dengan panita. Pada malam hari dilanjutkan dengan api unggun dan pentas seni, yang diisi oleh mahasiswa baru Sastra Indonesia 2018 dan Hima-UKM Fakultas Ilmu Budaya. Acara ditutup pukul 12.00 wib dengan kegiatan outbound dan pemilihan raja dan ratu Malkasi 2018. Adapun mahasiswa terpilih sebagai Raja Malkasi 2018 adalah Abdullah El Faisal dan yang terpilih menjadi Ratu Malkasi 2018 adalah Azzahra Haniafati.