Membentuk Generasi Muda yang Beriman, Beretika, dan Berbudaya

Mahasiswa baru merupakan salah satu civitas akademika yang layak mendapat pengenalan lingkungan kampus yang akan menjadi tempat tinggal mereka dalam meraih cita dan asa. Kegiatan tersebut terangkum dalam sebuah wadah Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Fakultas Ilmu Budaya mempunyai cara tersendiri untuk mengenalkan kehidupan kampus terhadap mahasiswa baru. Kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan cikal dari masing-masing perwakilan program studi kepada mahasiswa baru. Diawali pada Jumat tanggal 31 Agustus 2018 dengan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya yaitu Bapak Bambang Lelono ,M. Hum. Penyerahan cikal sebagai simbol kepada mahasiswa baru diwakili dari staff pendidik atau kependidikan dari masing-masing program studi, yaitu Program Studi S-1 Sastra Indonesia, Program Studi S-1 Sastra Inggris, Program Studi S-1 Sastra Jepang, Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi D-3 Bahasa Inggris, dan Program Studi D-3 Bahasa Mandarin.
Mahasiswa baru diajak mengenali beberapa ruang yang terdapat di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya (Campus Tour) oleh panitia pendamping dimulai dari gedung A, lalu ke gedung B, dilanjutkan Gedung C, terakhir ke Gedung D. Kemudian, mahasiswa baru memasuki ruangan untuk pengenalan Jurusan/Program Studi/Kurikulum Program Studi masing-masing oleh korprodi dan staff pendidik. Kegiatan dilanjutkan sosialisasi Kasub Akademik dan Pengisian KRS oleh Kasub Akademik per jurusan. Sebagai penutup kegiatan PKKMB Jumat 31 Agustus 2018 dilakukan penjelasan dari bagian PII/Kalab Sasdaya/Kalab Multimedia.

Kegiatan PKKMB dilanjutkan pada hari Sabtu, tanggal 1 September 2018 diawali dengan apel pagi di lapangan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman. Setelah itu mahasiswa memasuki aula Fakultas Ilmu Budaya untuk berdiskusi mengenai Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda dengan narasumber Wicky Sri Erlangga Adityas, S.S., M.Si di sesi pertama. Narasumber sebagai Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Banyumas. Sesi kedua berdiskusi mengenai Bahaya Radikalisme Bagi Generasi Muda dengan narasumber Dr. Ir. H. Ivan Haryanto, M.Sc. Narasumber sebagai dosen Universitas Budiluhur sehingga sangat menarik dalam pemaparannya dan terbangun antusias mahasiswa melalui moderator kedua sesi tersebut yaitu Nila Mega Marahayu, S.S., M.A., serta beliau salah satu pendidik Program Studi S-1 Sastra Indonesia. Sebagai penutup di sesi ketiga adalah pemaparan visi misi, struktur organisasi, dan fungsi universitas dan fakultas dengan narasumber Drs. Bambang Lelono, M.Hum., selaku dekan, Rizki Ferbruansyah, M.A., selaku Wakil Dekan I dan Dr. Ely Triasih Rahayu, M.Hum., selaku Wakil Dekan II, dan Imam Suhardi, M.Hum., selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman. Ditutup dengan Pengenalan UPT Perpustakaan/ PII Universitas Jenderal Soedirman (Library Tour).

Hari terakhir PKKMB yaitu Minggu, tanggal 2 September 2018. Kegiatan ini dipaparkan penjelasan tentang informasi program kerja bidang kemahasiswaan dan alumni oleh Imam Suhardi, M.Hum., selaku Wakil Dekan III. Setelah itu, beberapa pemenang FIB Idol 2017 menyumbangkan suara merdunya. Kemudian dilanjutkan acara Apresiasi Seni dari dalang Titut berupa pertunjukan kesenian Tari Lengger, Wayang Wong, Ebeg, dan Begalan. Acara dilanjutkan dengan Ekspo Himpunan Mahasiswa, yang pertama dari Himasasi (Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia ), kedua dari Hijasu (Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Unsoed), ketiga dari HMSI (Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris), keempat dari Himadiksi (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), kelima dari Himedition (Himpunan Mahasiswa English Education), keenam dari Huashan (Himpunan Mahasiswa D-3 Mandarin), yang terakhir dari E-Ploration (Himpunan Mahasiswa D-3 Bahasa Inggris). Kemudian ekspo dari Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, yang pertama dari Hudec , yang kedua dari Garasi Seni Mahasiswa (Gema), yang ketiga dari Teater Sastra (Teksas), Persatuan Mahasiswa Kristiani (PMK), Olahraga, Green Corps (GC), SCCO, dan Unit Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Budaya (UKI FIB). Acara PKKMB 2018 diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada pemenang yel-yel terbaik dari masing-masing program studi.