Mengenal Potensi Keramik Lokal melalui Seni Terra Berkarya

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himadiksi) Universitas Jenderal Soedirman melaksanakan kunjungan seni ke pusat pelatihan keramik Terra Berkarya yang berlokasi di Purbalingga, Jawa Tengah. Kunjungan seni ini adalah kedua kalinya diselenggarakan. Sebelumnya, Himadiksi pernah melaksanakan kunjungan seni ke Sanggar Batik Cakra Adiwarna SMAN 1 Sokaraja.
Kedatangan peserta kunjungan disambut dengan suasana sejuk persawahan dan semilir angin pedesaan. Lokasi pusat pelatihan keramik tersebut berada di antara area persawahan, tetapi jalan menuju tempat tersebut sudah terakomodasi dengan baik. Akses lalu lintas yang mudah disebabkan oleh keberadaan temlat tersebut berdekatan dengan jalan raya. Masuk ke dalam area pelatihan, peserta dapat melihat berbagai kerajinan berjajar rapi dan indah. Kerajinan tersebut meliputi vas bunga, hiasan dinding, mainan tradisional, asbak, dan hiasan meja dengan berbagai bentuk menarik.
Acara dibuka dengan sambutan oleh Firgiana selaku ketua pelaksana dan Dra. Diah Wijayawati M.Pd. selaku koorprodi PBSI. Berada di ruangan yang bersih dan sejuk, selanjutnya peserta memperoleh arahan mengenai pembuatan keramik serta banyak cerita mengenai kehidupan bisnis dari Ibu Yanti selaku pemilik Terra Berkarya. Pemaparan berlangsung menyenangkan dan interaktif, peserta juga diberi hidangan berupa mendoan khas Banyumas.
Selain pemaparan teori mengenai pembuatan keramik, seluruh peserta diberi kesempatan untuk praktik langsung dalam pembuatan kerajinan yang terkait. Sesi ini merupakan sesi yang paling menyenangkan, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Sebagian bertugas praktik mengukir dan sebagian lain melukis. Lingkungan yang begitu asri menambah semangat seluruh peserta. Berada di tempat yang sama, peserta dapat melihat beberapa pegawai sedang bekerja membuat kerajinan berbahan dasar tanah liat serta banyak tumpukan cetakan berjajar rapi. Hasil ukiran dari peserta harus dibakar terlebih dahulu selama 16 jam sebagai tahap finishing.
Pada sesi kesan dan pesan, peserta menyatakan merasa bahagia dengan kegiatan yang telah dilaksanakan di pusat pelatihan keramik Terra Berkarya. Kegiatan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh panitia kepada pihak Terra Berkarya serta foto bersama.