Artikel

Pelatihan Memasuki Dunia Kerja, “Teknik Wawancara Kerja Persuasif dan Penulisan CV Efektif”

       Persaingan dunia kerja saat ini sangatlah ketat bagi semua orang. Hal itu menjadikan perhatian bagi Fakultas Ilmu Budaya membekali pengetahuan, strategi, dan wawasan bagi mahasiswa agar dapat menentukan langkahnya dengan bertanggung jawab. Kamis (9/3), Fakultas Ilmu Budaya memfasilitasi mahasiswa melalui  kegiatan “Pelatihan Memasuki Dunia Kerja” di ruang B 105. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Drs. Waidi, MBA. Semangat, antusiasme, serta rasa penasaran mahasiswa mulai muncul saat narasumber memulai paparannya karena diawali dengan perjalanan singkat sang narasumber. Dalam pembahasan paparannya, beliau menjelaskan bahwa ada beberapa golongan terkait dengan topik kegiatan ini, yaitu pekerja (employee), wirausahawan (self employee), pebisnis (business owner), serta investor. Semua golongan tersebut merupakan sebuah pilihan dan masing-masing mempunyai konsekuensinya.

       Keterkaitan dengan golongan pekerja (employee) sering mengalami kegagalan dalam tahapan seleksi wawancara dalam melamar pekerjaan. Semua jawaban seseorang pada saat proses seleksi wawancara adalah benar. Namun, hal itu dijadikan penilaian dari pihak perusahaan untuk mengetahui kepribadiaan sang pelamar sehingga pihak perusahaan dapat menentuan apakah sang pelamar layak diterima atau tidak sesuai dengan kepribadian yang dimilikinya.

       Selain itu, penulisan riwayat hidup kurang mendapat perhatian bagi sang pelamar kerja. Padahal riwayat hidup  adalah perwakilan diri sang pelamar sebelum bertatap muka dengan perusahaan selaku penyedia pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu, riwayat hidup dapat ditulis secara efektif agar sang penyedia pekerjaan (perusahaan) tertarik untuk mengundang sang pelamar kerja dalam tahapan seleksi berikutnya. Semua hal itu disampaikan oleh Drs. Waidi, MBA., dengan analogi dan simulasi sehingga kegiatan tersebut sangatlah menarik. Beliau berpesan kepada semua mahasiswa, “Apapun golongan yang Anda tentukan untuk diri Anda, berusahalah untuk menjalaninya secara profesional.