Artikel

Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Kamis (31/07), Sebanyak 141 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Unsoed mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ajaran 2017/2018 berlangsung di Gedung Roedhiro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed. Pasalnya, kegiatan ini kali pertama yang dilakukan oleh Unsoed semenjak dibukanya Program Studi Pendidikan.

Peserta PPL terdiri dari 49 mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 48 mahasiswa Pendidikan Ekonomi, dan 44 mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Materi PPL disampaikan oleh tiga pembicara, Drs. Purwadi Santoso, M. Hum., selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas sebagai pemateri mengenai Etika dan Profesi Keguruan, Panuwun Joko Nurcahyo, S.Pd., M.Pd., yang menyampaikan materi Kepramukaan, dan Dr. Sigit Mangun Wardoyono, M. Pd., selaku guru SMA Negeri 1 Purbalingga sekaligus pengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyampaikan materi mengenai Kurikulum 2013 dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

"Kurikulum 2013 dan Penyusunan RPP terkait dengan sebuah prasyarat dan instrumen yang akan dibuat dari masing-masing mahasiswa", tutur Dr. Sigit Mangun Wardoyono, M. Pd selaku pemateri. Mangun menambahkan, RPP dalam kurikulum 2013 (kurtilas) memiliki sifat 4C, yaitu Critical Thinking, Creative Thinking, Communicative, Collaborative dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Kegiatan PPL akan berlangsung ketika mahasiswa sudah menginjak semester 7. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa supaya mengetahui langsung kondisi di lapangan dalam mengajar, hal ini merupakan bekal utama bagi mahasiswa pendidikan selaku calon guru. Kegiatan PPL inilah yang pertama kali dilaksanakan program pendidikan di Unsoed yang akan langsung diterjunkan ke SMP dan SMA di sekitar Purwokerto mulai hari Senin, 4 September 2017.