Artikel

Pengenalan Lingkungan Fakultas Ilmu Budaya kepada Mahasiswa Baru

Dalam rangka penyambutan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya Universitas Negeri  Jenderal Soedirman menyelenggarakan kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) pada hari Jumat, tanggal 25 Agustus 2017 . Acara dimulai dengan Gladi Bersih, kemudian dilanjut dengan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya yaitu Bapak Bambang Lelono ,M. Hum. Penyerahan cikal sebagai simbol kepada mahasiswa baru diwakili dari staff pendidik dari masing-masing program studi, yaitu Ibu Nila Mega Marahayu dari Program Studi Sastra Indonesia, Ibu Ifa dari Program Studi Sastra Inggris, Ibu Diana dari Program Studi Sastra Jepang, Ibu Vera dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bapak Imam dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Tri Wahyu dari D3 Bahasa Inggris, dan Ibu Monica dari D3 Bahasa Mandarin. Setelah itu, perkenalan Pimpinan Fakultas dan Jurusan di Fakultas Ilmu Budaya.

Mahasiswa baru diajak mengenali beberapa ruang yang terdapat di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya (Campus Tour) oleh panitia pendamping dimulai dari gedung A, lalu ke gedung B dan terkhir ke Gedung C. Kemudian, mahasiswa baru memasuki ruangan untuk pengenalan Jurusan/Program Studi/Kurikulum Program Studi masing-masing oleh korprodi dan staff pendidik. Kegiatan dilanjutkan sosialisasi Kasub Akademik dan Pengisian KRS oleh Kasub Akademik per jurusan. Sebagai penutup kegiatan PKKMB Jumat 25 Agustus2017 dilakukan penjelasan dari bagian PII/Kalab Sasdaya/Kalab Multimedia.

Kegiatan PKKMB dilanjutkan pada hari Sabtu, tanggal 26 Aguistus 2017 diawali dengan apel pagi di auditorium Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman. Kegiatan dibuka dengan ceramah dari CPM Purwokerto yang berisi tentang Keteladanan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam Membentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa yang dimoderatori oleh Dr. Ely Triasih ,M.Hum. Kemudian dilanjutkan selingan dari FIB Idol 2015 yaitu penampilan tari tradisional dan hiburan musik oleh Tata, Yayat, dan Catur. Selanjutnya, ceramah dari Kepala BNN Banyumas : Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda yang dimoderatori oleh Nila Mega Marahayu, M.A. Sebagai penegas disampaikan visi-misi, struktur organisasi, dan fungsi (Universitas dan Fakultas) serta informasi prosedur peminjaman tentang sarana dan prasarana kampus  oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Bapak Bambang Lelono ,M. Hum., didampingi wakil dekan 1, wakil dekan 2, dan wakil dekan 3. Acara yang terakhir yaitu Pengenalan UPT Perpustakaan/ PII Universitas Jenderal Soedirman (Library Tour).

Hari terakhir PKKMB yaitu Minggu, tanggal 26 Agustus 2017. Acara diawali dengan apel pagi. Kemudian, penjelasan tentang informasi program kerja bidang kemahasiswaan dan alumni oleh Bapak Imam Suhardi, M.Hum. selaku wakil dekan 3. Setelah itu ada pertunjukan  AIKIDO dari mahasiswa program studi Sastra Jepang dan FIB Idol 2016. Setelah itu, acara Apresiasi Seni dari dalang Titut berupa pertunjukan kesenian Cowongan, Ebeg, dan Begalan. Acara dilanjutkan dengan Ekspo Himpunan Mahasiswa, yang pertama dari Himasasi (Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia ), kedua dari Hijasu (Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Unsoed), ketiga dari HMSI (Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris), keempat dari Himadiksi (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), kelima dari Himedition (Himpunan Mahasiswa English Education), keenam dari Huashan (Himpunan Mahasiswa D3 Mandarin), yang terakhir dari  E-Ploration (Himpunan Mahasiswa D3 Bahasa Inggris). Kemudian ekspo dari Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, yang pertama dari Hudec , yang kedua dari Garasi Seni Mahasiswa (Gema), yang ketiga dari Teater Sastra (Teksas), dan acara PKKMB 2017 diakhiri dengan ekspo dari Unit Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Budaya (UKI FIB).