Artikel

Pesta Hardiknas 2017 oleh Himadiksi

Purwokerto—Sabtu (6/5) Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Himadiksi) Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman menggelar Pesta Hardiknas. Kegiatan yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman ini mengusung tema “Mewujudkan Pendidikan sebagai Penyalur Kebudayaan dan Kearifan Lokal”.

 

Pesta Hardiknas dimeriahkan dengan berbagai perlombaan untuk siswa SMA/SMK/sederajat se-Kabupaten Banyumas dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya. Salah satu cara mendidik anak adalah dengan mendogeng. Mendongeng maupun mendengarkan cerita yang diangkat dari kearifan lokal, tanpa sadar dapat membangun karakter anak. Hal tersebut diutarakan oleh Bapak Imam Suhardi, S.S.,M.Hum. selaku Wakil Dekan III. Sebagai wujud kontribusi Himadiksi dalam melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal diselenggarakan lomba mendongeng, membaca puisi, dan permainan tradisional.

Kategori lomba mendongeng dan membaca puisi diperuntukan untuk siswa SMA/SMK/ sederajat se-Kabupaten Banyumas. Penjurian lomba mendongeng dilakukan oleh Dra.Diah Wijayawati, M.Pd., Nia Ulfa Martha, S.Pd., M.Pd., dan Vera Krisnawati, S.S., M.Pd., sedangkan penjurian lomba membaca puisi dilakukan oleh Bivit Anggoro P.N.,S.Pd.,M.Pd., Nila Mega Marahayu, S.S.,M.A., dan Tri Wahyu SP, S.S., M.Hum.

Pemenang lomba mendongeng dari terbaik pertama hingga ketiga yaitu: Endi Sukarno (SMA N 1 Ajibarang), Devi Sofiana (SMK Mulya Husada), dan Vivi Yanti Halimatus S (SMA N 1 Ajibarang). Pemenang lomba membaca puisi yaitu Zira Naelawati R.(SMA N 2 Purwokerto), M.Baghiz A. (SMA N 1 Purwokerto), dan Annida Rizqi D.H. (SMA N 4 Purwokerto).

Selain itu sebagai upaya pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal diselenggarakan juga lomba permainan tradisional yang terdiri dari balap egrang dan bakiak yang diperuntukan untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya. Lomba egrang dimenangkan oleh program studi Sastra Jepang grup tiga atas nama Dwiki Aji Prasetya. Sedangkan lomba bakiak dimenangkan oleh Huashan (D3 Bahasa Mandarin).

Pesta Hardiknas semakin meriah karena menghadirkan berbagai pertunjukan pentasseni. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2016 sebagai pembuka menampilkan tarian daerah. Dilanjutkan dengan musikalisasi puisi dari Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Unsoed dan penampilan akustik dari PBSI angkatan 2015. Malam puncak semakin bersemarak dengan penampilan juara lomba membaca puisi, Zira Naelawati R. dan Devi Sofiana sebagai juara 2 lomba mendongeng serta penampilan dari UKM Gema. Malam puncak Pesta Hardiknas ditutup dengan penampilan teater dari ukm Teksas Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman.