Artikel

Pesta Hardiknas Oleh Himadiksi FIB Unsoed

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Unsoed pada Sabtu (21/05) merealisasikan program kerja pertama di kepengurusan tahun 2016 ini. Program dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional itu mengusung tema “Membangun Insan Berjiwa Kompetitif melalui Pendidikan dan Kearifan Lokal”.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan beberapa kegiatan perlombaan baik antarsiswa SMA se-Kabupaten Banyumas maupun antarmahasiswa. Untuk kategori lomba membaca puisi dan membacakan berita diperuntukkan bagi siswa SMA, sedangkan kategori lomba permainan tradisional yaitu lomba balap egrang dan bakiak dikhususkan bagi mahasiswa FIB Unsoed.

Hasil dari seluruh perlombaan dipublikasikan pada saat malam puncak Pesta Hardiknas yakni pukul 19.00 WIB. Hasil penjurian para pemenang lomba diantaranya sebagai berikut: pemenang lomba baca puisi dari terbaik pertama hingga ketiga yaitu, Fitrotul Janah, Anik Masriyah, dan Choerunisa. Lomba membacakan berita berturut-turut yaitu: Delia Meliana, Achmad Fauzi, dan Afit Setiadi.

Adapun hasil penjurian lomba permainan tradisional dalam rangka melestarikan kearifan lokal adalah sebagai berikutlomba balap egrang dimenangkan oleh mahasiswa D3 Bahasa Inggris Sarah (juara I) dan Tio (juaraII), sedangkan untuk lomba balap bakiak dimenangkan oleh tim dari HMSI sebagai juara I dan Hijasu sebagai juara II.

Malam puncak Pesta Hardiknas lebih semarak dengan performa terbaik oleh para penampil. Pengisi acara yang memukau tamu undangan antara lain penari mahasiswa asal dari PBSI 2015, vokal solo, pemacapat, Himasasi, GemaVocal, Teater Teksas, dan Ladies Wash Room.