Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis Fakultas Ilmu Budaya Unsoed ke-4:

Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis Fakultas Ilmu Budaya Unsoed ke-4:
Upaya Pencegahan Radikalisme melalui Bahasa, Pendidikan Bahasa, Penerjemahan, Sastra dan Budaya

Isu radikalisme di Indonesia menjadi momok yang cukup menciutkan nyali karena berujung pada disintegrasi bangsa. Paham radikalisme menginginkan perubahan dengan cara yang drastis dan ekstrem, serta melibatkan kekerasan fisik bahkan senjata mematikan, yang mengakibatkan kerusakan secara masif baik secara fisik maupun mental.
Paham radikalisme dapat menyusup dan menggerogoti sendi-sendi kehidupan. Praktiknya dapat tersembunyi dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari, maupun yang nyata-nyata diperlihatkan. Kekerasan di ranah pendidikan, ujaran kebencian, demo massal terkait isu SARA, hingga pengeboman tempat ibadah, adalah bentuk-bentuk radikalisme yang merusak tatanan bangsa. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan serta upaya membendung radikalisme di segala lini.
Sebagai fakultas yang mengajarkan bahasa, sastra, dan budaya, dalam dies natalisnya yang keempat, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman akan mengadakan suatu konferensi keilmuan bertajuk Upaya Pencegahan Radikalisme melalui Bahasa, Pendidikan Bahasa, Penerjemahan, Sastra dan Budaya. Tema pokok seminar ini bertitik berat pada isu-isu radikalisme dalam konteks bahasa, sastra, maupun budaya, serta kajian terkait seperti pendidikan bahasa dan terjemahan.
Seminar akan dselenggarakan pada hari Kamis, 1 November 2018, pukul 08.00 sampai selesai, bertempat di Aula Gedung D Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Pembicara yang akan hadir dalam seminar ini adalah Helena I. R. Agustina, Ph.D (Ketua Yayasan Mondial Education Semarang), Dr. Widyastuti Purbani, MA (Universitas Negeri Yogyakarta), dan Dr. Chusni Hadiati, M.Hum (Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto).
Seminar terbuka untuk umum. Biaya pendaftaran RP150.000,00 untuk peserta dari luar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman, dan gratis bagi dosen serta mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (syarat dan ketentuan berlaku). Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke rekening BNI 0192470634, atas nama Rustanti Mallany. Narahubung: Ambhita Dhyaningrum (081392416069).

***

Add new comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.