SERUNYA WORKSHOP “ALL ABOUT NINJA”

[fib.unsoed.ac.id, Jumat, 13/07/2018] Mungkin bagi kebanyakan orang istilah ninja atau shinobi sudah tidak asing lagi didengar. Apalagi dengan banyaknya karya-karya, seperti anime, komik, atau film yang banyak mengangkat tema tersebut. Tapi tahukah anda ninja yang ada di anime, komik, ataupun film itu tidak sepenuhnya sesuai dengan ninja yang sebenarnya?

Pada hari Jumat, 13 Juli kemarin, dalam rangka memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia-Jepang, S1 Sastra Jepang Unsoed bekerjasama dengan The Japan Foundation dan Smallworld menggelar Workshop bertema “All About Ninja” dengan pembicara Yamada Yuji dan Yoshimaru Katsuya yang merupakan Professor dan pengajar dari Fakultas Humaniora Universitas Mie, Jepang, serta Jinichi Kawakami selaku direktur kehormatan Ninja Museum of Igaryu sekaligus kepala keluarga ke-21 keluarga Ban dari klan Koka, dan juga seorang peneliti ninja dan seniman beladiri ninjutsu. Beliau juga telah menulis bukunya sendiri yang membahas tentang ninja yaitu “Ninja in Illustration” dan “The Rules of Ninja”.

Dalam Workshop tersebut banyak disampaikan fakta-fakta yang sebenarnya tentang ninja dan juga meluruskan berbagai kekeliruan tentang ninja yang selama ini diketahui oleh masyarakat awam. Misalnya, kita pernah melihat ninja dalam anime, komik, ataupun film yang melakukan aksi pencurian dengan memakai pakaian hitam, sebenarnya hal itu tidak sesuai dengan apa yang dilakukan ninja pada kenyataannya. Selain ituternyata masih banyak lagi berbagai fakta tentang ninja yang sangat berbeda dari apa yang selama ini kita ketahui tentang ninja. Para peserta Workshop juga sangat antusias mengikuti jalannya Workshop.