SOSIALISASI PLP, MAGANG 1, DAN MAGANG 2

[fib.unsoed.ac.id, Senin, 23/07/2018] Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Magang 1, dan Magang dengan SMPN, SMAN, dan SMKN di Kota Purwokerto pada Selasa (17/7/2018) bertempat di gedung D. FIB. Kegiatan dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa, Drs. Subandi, M.Pd. Disampaikan oleh beliau, bahwa tujuan PLP, Magang 1, dan Magang 2. adalah untuk aktualisasi mahasiswa di sekolah mitra sehingga mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan dan praktik mengajar guna peningkatan kualitas lulusan. Sambutan berikutnya dilanjutkan olehWadek 2, Dr. Ely Triasih Rahayu, M.Hum. menjelaskan tentang pentingnya aktualisasi mahasiswa di sekolah dan kerjasama kampus dengan sekolah mitra.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan paparan tentang Sosialisasi Program PLP yang diterapkan di FIB oleh M. Riyanton, S.S., M. Pd. Dalam paparannya, M. Riyanton menyampaikan tentang pentingnya PLP, Magang 1, dan Magang 2 bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung di dunia pendidikan terutama di sekolah Mitra. Dalam konsepnya, program PPL di FILKOM UB berjalan dalam 3 tahap; pembekalan mahasiswa, praktik lapangan, dan evaluasi kinerja. Diharapkan para mahasiswa yang menjalani program PPL ini mendapatkan pengalaman praktik keguruan secara langsung dan merasakan suasana nyata dalam kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan paparan tentang Sosialisasi Magang 1, dan Magang 2 oleh Tuti Purwati, M.Pd.

Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan17 koordinator sekolah mitra yang hadir. Pembahasan mengenai konsep dan teknis PLP, Magang 1, dan Magang 2 berjalan cukup hangat antara para undangan dengan Jurusan Pendidikan Bahasa. Beberapa undangan mengharapkan kerjasama yang lebih baik sehingga manfaat yang diharapkan lebih terasa.