Artikel

Talenta Seni Fakultas Ilmu Budaya Unsoed dalam FIB Idol 2017

[fib.unsoed.ac.id, Sabtu, 30/09/2017] Ajang FIB Idol 2017 semarak berlangsung pagi hingga sore, Sabtu, 30 September 2017. Even tahunan ini bertujuan mencari bibit-bibit baru dalam bidang seni di lingkungan fakultas Ilmu Budaya Unsoed.  FIB Idol tahun ini merupakan pelaksanakan tahun ketiga sejak dilaksanakan pada tahun 2015. Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang III FIB, Imam Suhardi, M.Hum menyatakan, FIB Idol diharapkan menemukan mutiara-mutiara terpendam dalam bidang seni di lingkungan FIB. “Sebab keberadaan Fakultas Ilmu Budaya sering tidak bisa dilepaskan keberadaan seniman dan seniwati. Padahal pada kenyataannya sebenarnya ada perbedaan mendasar antara Sekolah Tinggi Seni dan FIB,” ujarnya. Oleh karena itu, Imam mengharapkan FIB Idol bisa menjadi alternatif terhadap harapan masyarakat tersebut. Dalam sambutannya tersebut, Wakil Dekan III FIB ini juga mengucapkan banyak terimakasih pada panitia. “Terima kasih atas nama institusi FIB kepada Ibu Lynda Susana, Ibu Nila Mega Marahayu, Pak Bivit , Bu Tri Wahyu, yang telah berjuang dalam penyelengaraan FIB Idol tahun ini,” ucapnya.

                FIB Idol 2017 diikuti oleh 98 peserta yang terbagi atas enam kategori, meliputi lomba Menulis Puisi, lomba Menulis Cerpen, lomba Menyanyi Pop, lomba Menyanyi Dangdut/ Keroncong, Lomba Menari, dan teakhir Lomba Kategori Umum yang di dalamnya Baca Puisi, Standup Komedi, Akustik. Lomba Menulis Cerpen dan Puisi, dilaksanakan sejak 23 September, sedangkan lomba Menyanyi, Menari, dan Kategori Umum dilaksanakan pada Sabtu (30/9). Juri Lomba meliputi kalangan kademisi dan praktisi. Tampak di antaranya Eni Nuraeni,  Ashari, Gita Anggria R  mewakili akademis, sedangkan Wage Teguh Wiyono, . Rahmawati Anggun P, John M. Pardede, Happy M, dan Ramayda Akmal mewakili parktisi seni.  

                Berdasarkan seleksi yang dilakukan, pemenang lomba Menulis Puisi juara 1 diraih Lara Ari P, juara 2 Suci Ika, juara 3 Khanafi. Pemenang lomba Menulis Cerpen, juara 1 diraih M Syarifudin H, juara 2 Miranti R, juara 3 Umi Marfatonah. Pemenang lomba Menyanyi Pop, juara 1 diraih Sindi Puja, juara 2 Alpita M, juara 3 Novi Kris D. Pemenang lomba menyanyi Dangdut/Keroncong, juara 1 diraih Sindi Puja, juara 2, Febian Nabila, juara 3 Laelatul Fauziyah. Kategori Lomba Menari, juara 1 diraih oleh Tyas M-Alvi N, juara 2 Arifadia R, juara 3 Aulia Laras-Latifa. Adapun kategori lomba Umum  juara 1 diraih oleh Musa (Baca Puisi), juara 2 Bagus Kuncoro (Standup Komedi), dan juara 3 Anifa (Baca Puisi). Dalam akhir lomba para pemenang mendapat hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan. Dalam penutupan acara, diselingi hiburan menyanyi dari para dewan juri sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi para mahasiswa FIB yang hadir dan mengikuti ajang penciran bakat tahunan ini. Semoga sukses selalu FIB Unsoed. Maju terus pantang menyerah!