header-int

Bedah Film: SAJEN (The Sacred) Oleh Labsasdaya Fakultas Ilmu Budaya

Selasa, 13 Okt 2020, 07:30:17 WIB - 65 View
Share
Bedah Film: SAJEN (The Sacred) Oleh Labsasdaya Fakultas Ilmu Budaya

Sebagai salah satu institusi yang memberi perhatian pada pengembangan dan pelestarian budaya dan kearifan lokal, Fakultas Ilmu Budaya, melalui Laboratorium Sastra Seni dan Budaya menyelenggarakan acara Bedah Film pada hari Senin, 12 Oktober 2020. Acara ini mengusung format baru di masa pandemi ini, yaitu perpaduan antara webinar menggunakan Zoom meeting dan siaran langsung melalui salah satu sponsor kegiatan, Satelit TV.

Acara diawali dengan pemutaran film bergenre dokumenter, produksi Fakultas Ilmu Budaya, bekerja sama dengan SINARAN sebagai house production, film tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, DR. Ely Tri Rahayu, S.S., M, Hum. Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para narasumber, peserta, dan panitia dari Tim Labsasdaya yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain itu beliau menyampaikan komitmen Fakultas Ilmu Budaya untuk membuka ruang bagi kemajuan dan pelestarian budaya di Banyumas khususnya. Adanya sinergi antara akademisi, budayawan, masyarakat umumnya akan menjadi kunci keberhasilan kemajuan dan pelestarian tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pandangan para pembicara mengenai sisi teknis, sisi makna dan isi oleh para narasumber bedah film ini. Adapun para narasumber tersebut adalah, Imam Suhardi S.S., M.Hum, koordinator Puslitbudpar LPPM Unsoed, Wasis Setya Wardhana sebagai pihak yang memproduksi film, Bayu Setyo Nugroho, S.Sos, M.Si kepala desa Dermaji, lokasi dimana film tersebut dibuat, DR. Sean Hayward, MFA, BM, Peneliti Kebudayaan Banyumas dari Amerika Serikat, serta Wakil Bupati Banyumas yang diwakili oleh Bapak Descard Jatmiko. Acara yang berlangsung selama sekitar 2 jam tersebut, dihadiri secara interaktif oleh 300 peserta melalui ZOOM Meeting. Adapun peserta tersebut adalah para dosen, mahasiswa, pegiat  budaya dari SETUPA MAS dan GORAMAS, dan masyarakat umum.

rdy

FIB UNSOED FIB UNSOED
Jl. Dr. Suparno Kampus Karangwangkal Purwokerto 53123
Telp/Fax : 0281-625152, 628518
Laman: http://fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2020 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed