header-int

HIMADIKSI Mengajar 2019

Selasa, 09 Apr 2019, 22:17:19 WIB - 127 View
Share
HIMADIKSI Mengajar 2019

(29-30/3, 5-6/4) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himadiksi) melalui bidang Pendidikan telah menyelenggarakan salah satu program kerjanya yaitu HIMA Mengajar. HIMA Mengajar dilaksanakan dengan tujuan :

Sebagai wadah untuk melatih  jiwa kependidikan , sebagai sarana untuk bersosialisasi , untuk mempersiapkan diri menjadi calon pendidik yang kompeten dan profesional, sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, dan turut memberikan sumbangsih untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu Himadiksi mengadakan HIMA Mengajar pada setiap tahunnya.

Pada tahun ini HIMA berkesempatan mengajar di MI Ma'arif NU 1 Ciberem. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 29-30 Maret 2019, dan dilanjutkan tanggal 5-6 April 2019.

Acara pembukaan HIMA Mengajar dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2019 dengan diberikannya sambutan dari Kepala Madrasah MI Ma'arif NU 1 Ciberem kepada ketua pelaksana Adesta Nurafifah, dan ketua bidang Pendidikan Resti Yuniantika.

Setelah acara pembukaan selesai, berlanjut dengan dimulainya relawan untuk mengajar pada hari pertama dengan memasuki ruang kelas masing-masing sesuai dengan agenda.

Hari pertama mengajar berisi tentang perkenalan diri dari relawan pendidik beserta peserta didik, setelah itu dilanjut dengan games lalu diselingi dengan kegiatan belajar mengajar.

Hari kedua mengajar tepatnya tanggal 30 Maret 2019, para relawan melanjutkan kegiatan belajar mengajar pada hari kemarin. Peserta didik sangat antusias, serta responsif terhadap apa yang telah disampaikan oleh relawan pendidik.

Hari ketiga mengajar tepatnya tanggal 5 April 2019, para relawan dan peserta didik bekerja sama untuk menampilkan suatu pementasan yang nantinya dipentaskan pada tanggal 6 April 2019 guna untuk acara perpisahan dari HIMA Mengajar agar memberikan kesan baik terhadap peserta didik, dan pendidik di MI Ma'arif NU 1 Ciberem.

Hari keempat mengajar tepatnya pada tanggal 6 April 2019 merupakan puncak acara dari HIMA Mengajar, yaitu acara penutupan. Awal dari acara penutupan ini diberi sambutan secara langsung dari Kepala Madrasah MI Ma'arif NU 1 Ciberem dengan menyampaikan sepatah dua patah kata yang berisikan bahwa pihak sekolah mengucapkan terima kasih dan merasa sangat terbantu akan adanya Himadiksi Mengajar. Usai sambutan, dilanjut dengan pementasan dari masing-masing kelas, aacara tersebut merupakan buah hasil dari relawan pendidik dan peserta didik sekalian untuk menampilkan pentas sesuai dengan kemampuan tiap kelas masing-masing. Dimana acara penutupan tersebut memberikan kesan indah bagi peserta didik, para relawan pendidik, dan pendidik MI Ma'arif NU 1 Ciberem.

Setelah pementasan dari tiap-tiap kelas selesai, dilanjut dengan penyerahan kenang-kenagan dari ketua pelaksana kepada perwakilan guru MI Ma'arif NU 1 Ciberem, dan penyerahan donasi buku bacaan dari ketua bidang Pendidikan kepada perwakilan guru MI Ma'arif NU 1 Ciberem.

Tak lupa perwakilan guru MI tersebut juga berjabat tangan dengan pembina Himadiksi Vera Krisnawati,S.S., M.Pd. sebagai tanda bahwa kami semua berterima kasih akan waktu dan tempat yang telah disediakan dari pihak sekolah yang sangat membuka pintu lebar akan kedatangan dari HIMA Mengajar ini.

Selepas itu  selaku relawan pendidik dari HIMA Mengajar melakukan sesi dokumentasi bersama peserta didik, dan berpamitan kepada guru-guru MI Ma'arif NU 1 Ciberem.

Semoga dengan diselenggarakan acara ini, para siswa-siswi dapat memahami ilmu yang telah diberikan dan dapat bermanfaat.

Himadiksi

FIB UNSOED FIB UNSOED
Komplek UNSOED Karangwangkal, Jl. Dr. Suparno - Purwokerto
Telp/Fax : 0281-625152
Web: fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2019 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed