header-int

Himasasi Gelar Koemsa Daring 2.0

Rabu, 28 Okt 2020, 09:02:46 WIB - 43 View
Share
Himasasi Gelar Koemsa Daring 2.0

[fib.unsoed.ac.id, Rabu, 28 Oktober 2020] Sabtu, 24 Oktober 2020, Himasasi (Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia) mengadakan acara Koemsa atau Koempoel Santai Daring Edisi 2.0. Pada acara yang dilaksanakan kali ini Himasasi menghadirkan Doktor baru dari Jurusan Sastra Indonesia FIB Dr. Siti Junawaroh, S.S., M.Hum. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Himasasi Afik Fikri dan Pembina Himasasi Octaria Putri Nurharyani, S.S., M.A. Hadir pula dalam acara tersebut dosen dan mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia.

Topik diskusi pada Koemsa 2.0 ini sangat menarik yaitu Linguistik Forensik: Peran Ahli Bahasa dalam Proses Peradilan. Dalam paparannya Dr. Siti Junawaroh menyampaikan bahwa linguistik forensik biasanya digunakan dalam menganalisis aksi kejahatan yang berkaitan dengan penggunaan berbahasa, baik itu lisan maupun tulisan. Linguis atau ahli bahasa dalam proses peradilan membantu dalam menyusun naskah interogasi dan menjadi saksi ahli. Saksi ahli merupakan orang yang memenuhi syarat dalam hal pengetahuan dan pengalamannya untuk memberikan pendapat tentang isu tertentu ke pengadilan. Kejahatan berbahasa yang memerlukan ahli bahasa sebagai saksi ahli misalnya defamasi (pencemaran nama baik, fitnah, penghinaan, penistaan), hasutan, konspirasi, ujaran kebencian, berita bohong (hoaks), ancaman, penyuapan, dan kesaksian palsu. Dalam perannya sebagai saksi ahli, ahli bahasa harus patuh dan tunduk pada Kode Etik saksi ahli yang terdiri dari 20 item di antaranya harus mengatakan kejujuran yang ada, jangan pernah memberikan info atau jawaban yang tidak ditanyakan, dan berhati-hati dengan bertanyaan berulang dengan topik yang sama.

wwn

FIB UNSOED FIB UNSOED
Jl. Dr. Suparno Kampus Karangwangkal Purwokerto 53123
Telp/Fax : 0281-625152, 628518
Laman: http://fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2020 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed