header-int

HIMEDITION Gelar Lomba Bahasa Inggris Tingkat SMA/MA Sederajat se-Jawa Tengah

Rabu, 30 Okt 2019, 14:26:42 WIB - 15 View
Share
HIMEDITION Gelar Lomba Bahasa Inggris Tingkat SMA/MA Sederajat se-Jawa Tengah

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jendral Soedirman yang dikenal sebagai HIMEDITION (Himpunan Mahasiswa English Education) berhasil menyelanggarakan sebuah ajang perlombaan bahasa inggris tingat SMA/MA atau sederajat se-Jawa Tengah. Ajang lomba tersebut diberi nama The 2nd EDITION setelah, tahun lalu, The 1st EDITION sukses dilaksanakan dengan lingkup yang lebih kecil (se-Barlimascakeb). Ajang perlomba ini terdiri dari 4 jenis cabang lomba, yaitu Poetry reading, News Casting, Story Telling, dan Speech dengan jumlah peserta percabang lomba sebagai berikut; Poetry Reading 27 peserta, News Casting 33 peserta, Story Telling 31 peserta, dan Speech 43 peserta. Total keseluruhan, the 2nd edition diikuti oleh 134 peserta dari berbagai daerah di jawa tengah seperi Banyumas, purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, Temanggung, Magelang, sampai dengan yang paling timur adalah Surakarta.

The 2nd EDITION yang mengangkat tema “EMPOWERING THE YOUTH” dengan jargon “Dare to sepak English, Dare to look at your brighter future” ini dilaksanakan pada 19 Oktober 2019. Bertempat di Aula Gedung D Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jendral Soedirman, upacara pembukaan The 2nd EDITION dimulai pada pukul 08.00 pagi dengan penampilan tari tradisional oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) kesenian FIB,  GEMA (Garasi Seni Mahasiswa Budaya), sebagai bentuk penyambutan tamu dan peserta. Selanjutnya, rangakaian upacara pembukaan disambung dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan - sambutan. Kemudian, acara The 2nd EDITION diresmikan dengan prosesi pemotongan tumpeng dan pemukulan gong oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dra. Roch Widjanti, M.Si.

Setelah rangkaian upacara pembukaan selesai, peserta memasuki ruang lomba masing - masing. Ini menandai pelaksanaan perlombaan yang merupakan acara inti dimulai. Pelaksanaan lomba berlangsung dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 14.00 dengan jeda istirahat pada pukul 11.30 – 13.00. Perlombaan terlaksana dengan baik dan tertib. Cabang perlombaan news casting dan poetry selesai lebih dulu yaitu selesai sebelum pukul 11.30, lalu disusul dengan cabang lomba story telling dan speech yang selesai pukul 14.00.

Agenda selanjutnya adalah acara hiburan. Agenda ini diawali dengan beberapa penampilan spektakuler oleh mahasiswa/i pendidikan bahasa inggris. Kemudian disambung dengan games dan quiz yang melibatkan peserta.

Setelah itu, agenda yang ditunggu – tunggu dimulai, yaitu pengumuman pemenang lomba. Pemenang percabang lomba terdiri dari 3 juara utama dan 3 juara harapan. Juara 1 lomba Speech diraih oleh Dava Vayet, perwakilan dari SMA N 1 Bobotsari. Posisi kedua diraih Sarah Shabira dari SMA N 1 Cilacap. Sedangkan, Efforti Cesharika dari SMA N 2 Purwokerto meraih posisi ketiga. Selanjutnya, juara 1 cabang lomba Story telling diraih oleh Miftahurrizqi Insani dari SMA MTA Surakarta. Posisi kedua diraih oleh Laila Tifani dari SMA N 1 Kebumen, dan posisi ketiga oleh Difani Love dari SMA N 1 Purbalingga. Untuk cabang lomba News casting, juara 1 diraih oleh Dwi Astuti dari SMK N 1 Kebumen, juara 2 oleh Zaldi Muhammad Haikal dari SMA IT Al Irsyad Purwokerto, dan juara 3 oleh Alif Ismayana Fadlilah dari SMK N 3 Purbalingga.  Terakhir, penguman juara cabang lomba poetry reading. Juara 1 diraih oleh Salsa Rahma Nadila dari SMA N 1 Wanadadi. Posisi kedua diraih oleh Lintang Fakhrana G.S dari SMA N 1 Bobotsari, dan posisi ketiga oleh Agban Nur Urbani dari SMA N 1 Purbalingga. Hasil pemenang tersebut merupakan keputusan mutlak dari juri, dimana juri – juri percabang lomba adalah dosen – dosen Fakultas Ilmu Budaya yang kompeten di bidangnya.

Acara The 2nd ini ditutup dengan menggemakan jargon acara, “Dare to speak English, Dare to look at your brighter future”, oleh seluruh peserta dan tamu.

Dibanjiri dengan pujian dari para dosen dan pihak sekolah, The 2nd edition dielu – elukan menjadi ajang perlombaan bahasa Inggris bergengsi di jawa tengah. Sebagian besar peserta dan pihak sekolah merasa puas dengan kinerja panitia yang dianggap cekatan dan ramah.

“Selamat untuk semua panitia the 2nd EDITION. Teruslah berkarya. Suatu saat nanti semoga kalian (panitia) akan ingat bahwa telah membuat kami bangga,” pesan ketua jurusan pendidikan bahasa inggris, Bapak Slamet Riyadi S.S., M.Pd , kepada panitia.  

“Panitianya cekatan sekali,” ungkap pembina dari SMA IT Al Irsyad Purwokerto.

FIB UNSOED FIB UNSOED
Komplek UNSOED Karangwangkal, Jl. Dr. Suparno - Purwokerto
Telp/Fax : 0281-625152
Web: fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2019 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed