header-int

Kuliah Dosen Tamu Prodi Sastra Jepang FIB - Japanese Business Manner & Japanese Corporate Culture

Rabu, 17 Jun 2020, 21:31:54 WIB - 172 View
Share
Kuliah Dosen Tamu Prodi Sastra Jepang FIB - Japanese Business Manner & Japanese Corporate Culture

[fib.unsoed.ac.id, Rabu, 17 Juni 2020] Corporate culture (Budaya Perusahaan) merupakan identitas perusahaan  yang mengacu pada cara perusahaan melakukan interaksi dengan seluruh karyawan. Corporate Culture atau budaya perusahaan memiliki peran yang besar bagi sebuah organisasi karena dengan hadirnya budaya tersebut kita akan terbantu untuk bisa mengetahui atau membaca situasi yang sedang terjadi di perusahaan. Kita pun bisa mengetahui karateristik karyawan yang ada di sana, bagaimana cara mereka menyelesaikan sesuatu, apa yang mereka sukai, dan apa yang tidak disukai.

Duta Besar Jepang untuk RI Masafumi Ishi menyatakan (2018), dalam 15 tahun terakhir, Jepang adalah salah satu mitra bisnis Indonesia terbesar, di antaranya terdapat lebih dari 1.500 perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu peluang bagi lulusan Bahasa Jepang yang  ada di Indonesia. Diantaranya di bidang  Japanese interpreter/translator (Languange as a core competence) maupun Japanese speaking staff (Language as a supporting skill).

Ada 5 poin inti budaya kerja di perusahaan Jepang yang harus dimiliki oleh seluruh karyawan sebagai aplikasi dari etos kerja Jepang yaitu, Seiri/ Ringkas, Seiton/Rapi, Seiso/Resik, Seiketsu/Rawat, Shitsuke/Rajin. Dalam hubungannya antara sesama karyawan (People and Partner) perusahaan Jepang juga menerapkan 3 sistem yang harus dimiliki yaitu, hormati, tantang dan kembangkan. Hal ini lah yang kemudian menjadikan perusahaan Jepang begitu berkembang dengan pesat. Perusahaan selalu menggali lebih dalam lagi untuk hal-hal yang akan meningkatkan mutu perusahaan diantaranya, 

  1. ??? (lit. Automatization) = Sistem otomasi dengan kontrol manusia, dimana suatu proses akan berhenti jika terjadi suatu abnormalitas.
  2. ??? (lit. Leveling) = Melakukan segala sesuatu (khususnya produksi) secara teratur (leveling), baik dari segi kuantitas maupun frekuensi. Keteraturan ini akan membuat proses produksi lebih baik.
  3. ???? (lit. Visualization) = Dengan visualisasi, problem akan lebih mudah terlihat, dan semua akan concern untuk menyelesaikannya.

Sebelum masuk dunia kerja, khususnya di perusahaan Jepang, mahasiswa S1 Sastra Jepang perlu mempersiapkan diri, selain kemampuan bahasa Jepang (ditambah bahasa Inggris), Pengetahuan dan/atau keahlian di bidang lain, Budaya Perusahaan Jepang; Pelajari dan Aplikasikan mulai sekarang, mahasiswa juga harus aktif di himpunan, organisasi mahasiswa lainnya dan komunitas sesuai minat untuk memperluas jejaring profesional.

60% orang asing telah mendapat masalah dikarenakan tidak paham peraturan dan etika hidup masyarakat Jepang. Tiga masalah utama yang dirasakan orang asing adalah sistem pembagian sampah, etika bisnis dan kepatuhan dalam waktu.  

Di jepang manner tidak hanya berlaku di perusahaan. Hampir di seluruh lingkungan kegiatan ada manner yang sudah baku dan harus dipatuhi. Banyak hal-hal detail dalam manner perusahaan besar, seperti pembuatan cv, cara interview  dan lain-lain. Untuk mahasiswa yang minat masuk di perusahaan Jepang dari semester awal sudah mulai membuat target perusahaan yang akan dituju setelah lulus, serta mencari tahu tentang budaya di perusahaan tersebut  agar tidak kesulitan ketika melamar kerja. Selain itu loyalitas dalam bekerja di perusahaan Jepang sangat penting. Jangan mudah berganti pekerjaan. Perusahaan Jepang sangat menitikberatkan pada proses yang dijalani, bukan hanya hasil. Jadi biasakan membuat rencana dan target yang ingin dicapai sejak dini, agar terbiasa dengan budaya kerja Jepang yg teratur.

Hal tersebut merupakan bagian dari materi kuliah Dosen tamu yang bertema “Japanese Business Manner & Japanese Corporate Culture” yang diselenggarakan oleh Prodi S1 Sastra Jepang Jurusan Bahasa dan Sastra Asia Timur FIB Unsoed pada hari Rabu, 17 Juni 2020 secara daring/online. Kuliah dosen tamu ini diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan tahunan prodi untuk memfasilitasi mahasiswa memperoleh ilmu tambahan dengan menghadirkan narasumber berupa Dosen atau praktisi. Mahasiswa sastra Jepang dari seluruh angkatan mengikuti perkuliahan secara daring dan interaktif langsung dengan narasumber. Kali ini prodi Jepang mengundang narasumber dari praktisi Komunitas Interpreter Jepang (KIJANG) yaitu Bapak Aa Johana (Juru Bahasa Jepang & Praktisi Bahasa Inggris) dan Ibu Ellnovianty Nine (Penerjemah Bahasa Jepang Spesialisasi Kerjasama Bilateral). Acara dibuka oleh wakil Dekan Bidang Akademik FIB Ibu Dr. Ely Triasih Rahayu, M.Hum yang menyampaikan bahwa kuliah dosen tamu kali ini memiliki tema yang sesuai dengan tantangan pada era kampus merdeka yang sedang menjadi pembahasan hangat dikalangan sivitas akademika, agar mahasiswa mempersiapkan diri sedini mungkin untuk dapat mengikuti program ke Jepang baik berupa Internship program maupun Exchange Student.

Koorprodi S1 Sastra Jepang, Hartati, SS.,M.Hum mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat bagi mahasiswa dan Prodi, karena tema yang dibahas sesuai dengan visi Prodi S1 Sastra Jepang yaitu budaya korporasi Jepang. Bagaimana prodi mempersiapkan mahasiswa lebih awal agar dapat menembus perusahaan Jepang atau bekerja di Jepang, dengan memahami etos kerja Jepang, budaya korporasi Jepang, mempersiapkan CV, maupun trik wawancara di perusahaan Jepang.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Asia Timur Ibu Dr. Yusida Lusiana, M.Si.,M.Pd, mengatakan bahwa kuliah dosen tamu ini sangat mendukung sekali program-program yang ada di Prodi Jepang, karena program Internship ke Jepang maupun program Exchange Student ke Jepang yang selama ini telah dan sedang dilaksanakan di prodi Jepang sebagai aplikasi dari kerjasama FIB dengan pihak Jepang selalu memerlukan persiapan dan perhatian yang lebih.    

FIB UNSOED FIB UNSOED
Jl. Dr. Suparno Kampus Karangwangkal Purwokerto 53123
Telp/Fax : 0281-625152, 628518
Laman: http://fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2020 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed