header-int

Kuliah Dosen Tamu Secara daring dengan tema Surviving with Translating and Tour Guiding in New Norma

Kamis, 23 Jul 2020, 15:13:57 WIB - 150 View
Share
Kuliah Dosen Tamu Secara daring dengan tema Surviving with Translating and Tour Guiding in New Norma

Program studi D3 Bahasa Mandarin adalah salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Budaya Unsoed. Pada hari Rabu, 1 Juli 2020 telah dilaksanakan satu kegiatan kuliah Dosen Tamu secara daring dengan tema Surviving with Translating and Tour Guiding in New Normal. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unsoed, Dra. RochWidjatini, M.Si.

Sebagai nara sumber bidang penerjemahan adalah ibu Hudiyekti Prasetyaningtyas, S.S., M.Ed yang merupakan dosen bahasa Mandarin dari Universitas Negeri Jakarta dan juga merupakan seorang penerjemah profesional. Kemudian narasum berbidang pariwisata adalah ibu Tri Agustiningsih, A.Md.Par yang merupakan pemandu wisata professional dari Himpunan Pramuwisata Indonesia DPC Kabupaten Banyumas.

Menurut para narasumber, kondisi pandemic covid bukan suatu halangan untuk tetap berkarya di dua bidang tersebut. Dalam bidang pariwisata mengakibatkan dunia pariwisata harus tetap bertahan untuk menumbuhkan ekomoni pariwisata yg mandiri dan kreatif. Sedangkan bidang penerjemahan selain dibutuhkan kecakapan berbahasa Mandarin/bahasa asing penguasaan akan budaya dan kebiasaan masyarakat bahasa sasaran menjadi sangat penting. Hal ini agar hasil terjemahan dapat diterima dengan benar dan tepat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Menurut Koordinator Program Studi D3 Bahasa Mandarin, Nunung Supriadi, B.Ed., M.Hum., kegiatan ini pun diharapkan dapat meningkatkan kualitas calon lulusan mahasiswa Prodi dengan kompetensi penerjemahan dan pariwisata.

FIB UNSOED FIB UNSOED
Jl. Dr. Suparno Kampus Karangwangkal Purwokerto 53123
Telp/Fax : 0281-625152, 628518
Laman: http://fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2020 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed