header-int

Pelatihan dan Sertifikasi Uji Kompetensi Pramuwisata bagi Dosen dan Mahasiswa

Rabu, 22 Jul 2020, 08:36:56 WIB - 84 View
Share
Pelatihan dan Sertifikasi Uji Kompetensi Pramuwisata bagi Dosen dan Mahasiswa

Fakultas Ilmu Budaya Unsoed bekerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) provinsi Jawa Tengah, menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Uji Kompetensi Pramuwisata. Pelatihan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 16-17 Juli 2020 bertempat di Gedung C Fakultas Ilmu Budaya. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya UNSOED Dra. Roch Widjatini, M.Si. Peserta yang ikut dalam pelatihan ini berjumlah 128 orang, yang terdiri dari 10 dosen dan 110 mahasiswa dari program studi D3 Bahasa Inggris dan Mandarin peminatan Pariwisata.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pelatihan peningkatan kompetensi bidang pariwisata dan uji sertifikasi nasional pramuwisata dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo Jakarta dibawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). BNSP merupakan badan independen yang dibentuk oleh pemerintah untuk melaksanakan ketentuan pasal 18 ayat (5) Undang-Undang nomor 13 tahun 2003. 

Pelatihan melibatkan asesor dari LSP Pramindo dan HPI, praktisi pariwisata dari Yutaka Tour and Travel, Sahabat Wisata, dan PT. Sukses Kareena Wisata (Wisata Weekend), serta akademisi pariwisata. Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan diantaranya Ketua DPD HPI Jawa Tengah Pandhu Suryabrata, S.T., Pengurus DPC Kabupaten Banyumas Yuni Astuti, S.E., M.M.Par. dan Tri Agustiningsih, A.Md.Par, Pengurus Diklat DPP HPI Apriyani Wulandari, S.Pd.,  Revalino Tobing, S.E., M.Par., Hadi Mulyana, M.M.Par., serta Asesor HPI Heri Nur Hadi, M.M.Par. Materi yang diberikan selama pelatihan, diantaranya Pengantar Pemandu Wisata, SOP Pramuwisata, Lintas Budaya Bangsa, Etika Pelayanan, Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Teknik Pemanduan, Pelayanan Prima, dan Interpretasi di Obyek Pariwisata.

“Kami sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Banyak ilmu yang didapatkan dari pelatihan kali ini, ingin rasanya segera mengaplikasikan saat menjadi guide di lokawisata nantinya.”, ujar Rahmaniar mahasiswa peminatan pariwisata prodi D3 Bahasa Mandarin.

Setelah selesai melaksanakan pelatihan dan dinyatakan kompeten menguasai semua materi yang diberikan, kemudian dosen dan mahasiswa yang sangat kompeten mengikuti ujian sertifikasi nasional bidang kepariwisataan. Pelaksanaan ujian kompetensi berlangsung sangat ketat dan menyeluruh. Setelah uji kompetensi dilaksanakan, asesor menyatakan bahwa seluruh peserta baik dosen maupun mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat kompeten.

Melalui kegiatan ini, Fakultas Ilmu Budaya mengambil langkah yang sangat strategis untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa untuk mendukung visi dan misi universitas, fakultas, dan program studi. Lebih lanjut, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

FIB UNSOED FIB UNSOED
Jl. Dr. Suparno Kampus Karangwangkal Purwokerto 53123
Telp/Fax : 0281-625152, 628518
Laman: http://fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2020 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed