header-int

Sosialisasi dan Koordinasi Keterbukaan Informasi Publik FIB

Selasa, 09 Apr 2019, 22:12:46 WIB - 86 View
Share
Sosialisasi dan Koordinasi Keterbukaan Informasi Publik FIB

Dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Terbitnya Peraturan Rektor Unsoed Nomor 27 Tahun 2017, yang membuka seluas-luasnya akses informasi publik bagi masyarakat, mendorong Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjadi lebih transparan, partisipatif dan akuntabel.

Berkenaan dengan hal tersebut Fakultas Ilmu Budaya (FIB Unsoed), pada hari Selasa (2/4) menyelenggarakan sosialisasi dan koordinasi KIP bertempat di Ruang Rapat Gedung A Kampus FIB Karangwangkal Purwokerto.

Acara dihadiri oleh unsur pimpinan di lingkungan FIB dan Tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi (TPID FIB Unsoed) dengan pemateri Sri Adi Karyono, S.H. Kasubbag. Umum dan Keuangan. Fakultas Ilmu Budaya bertujuan untuk melakukan tahapan-tahapan dan langkah kongkrit dalam pengelolaan informasi publik bahwa  FIB harus dapat menyediakan data dan informasi sebelum masyarakat meminta.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pelaksana Pembantu (PPID Pelaksana Pembantu) FIB, Slamet S.IP dalam sambutannnya mengatakan, FIB merupakan bagian dari PPID Pelaksana Unsoed yang harus mampu dan siap membantu menyiapkan segala dokumen yang ada di FIB.

Slamet menambahkan, pada era sekarang ini,  pengelola informasi dituntut harus cepat, efektif dan rapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga masyarakat dapat terpenuhi kebutuhannya untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan terkait apa saja yang ada pada FIB.

Dekan FIB Dra Roch Widjatini, M.Si dalam sambutan pengarahannya mengatakan, pemenuhan kebutuhan informasi sudah menjadi bagian integral dari hak asasi manusia. Hal ini yang melandasi hadirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Bagi FIB sebagai pihak yang memiliki, memproduksi, mengelola, dan mempublikasikan informasi yang dikuasainya, saat ini sangat penting untuk membangun sistem pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang baik. Hal ini harus dilaksanakan terkait kewajiban Unsoed sebagai badan publik dalam penyediaan dan melayani permintaan informasi harus dilakukan secara cepat, tepat waktu, biaya ringan, serta dengan cara yang sederhana.

*sak

FIB UNSOED FIB UNSOED
Komplek UNSOED Karangwangkal, Jl. Dr. Suparno - Purwokerto
Telp/Fax : 0281-625152
Web: fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2019 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed