header-int

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019 FIB

Senin, 15 Apr 2019, 13:51:31 WIB - 174 View
Share
Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019 FIB

Sehubungan dengan akan diadakan kegiatan Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pengajuan tahun 2019 untuk pendanaan tahun 2020 oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB UNSOED) mengadakan kegiatan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kepada mahasiswa/mahasiswi FIB UNSOED pada hari Jumat, 12 April 2019.

Bertempat di ruang kuliah gedung D. 202, kegiatan sosialisasi yang dipandu oleh moderator Diana Puspitasari, S.S., M.Hum, dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIB, Idah Hamidah, S.S., M.Hum dan mengundang beberapa orang narasumber terkait yaitu Gita Anggria Esticka, S.S., M.A. selaku koordinator PKM FIB UNSOED, dan Aef Nandi Setiawan, Hc., selaku praktisi yang juga merupakan founder dan business developer dari Pedihelp. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 80 orang mahasiswa/i FIB, yang berasal dari berbagai program studi yang ada di FIB dan perwakilan dosen pembimbing PKM FIB yaitu Dian Bayu Firmansyah, M.Pd., yang merupakan dosen pembimbing PKM dari program studi Sastra Jepang.

Dalam sambutannya, Idah Hamidah, S.S., M.Hum., menyatakan bahwa program PKM ini merupakan ajang bagi mahasiswa/mahasiswi untuk menuangkan serta mewujudkan ide-ide maupun gagasan-gagasan kreatif yang dimiliki, untuk menunjang kemajuan ilmu pengetahuan serta mendukung perkembangan bangsa menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Untuk program PKM tahun ini, FIB menargetkan ada 10 (sepuluh) buah proposal dari masing-masing program studi, sehingga total target proposal yang diharapkan dapat dihasilkan oleh mahasiswa/mahasiswi FIB UNSOED yaitu sebanyak 70 buah proposal.

Idah Hamidah, S.S., M.Hum., menambahkan bahwa dalam proses penyusunan proposal tersebut, pihak Fakultas telah menunjuk dosen pembimbing PKM dari masing-masing program studi, dengan tujuan agar proposal yang dihasilkan akan lebih maksimal dan lebih mengena pada skema PKM yang dituju.

Selanjutnya pada sesi pemaparan materi oleh narasumber, materi pertama yang dibawakan oleh Gita Anggria Esticka, S.S., M.A berbicara seputar seluk beluk PKM mulai dari jenis skema PKM yang dapat diajukan oleh mahasiswa, teknis pembuatan proposal PKM dan juga kisi-kisi penilaian proposal PKM. Sedangkan narasumber kedua yaitu Aef Nandi Setiawan, Hc., memaparkan materi dengan tema “Enterpreneurship di Era Digital”, yang isinya menjelaskan tentang kiat-kiat untuk menangkap peluang dalam bidang kewirausahaan. Selain memaparkan materi, Aef juga menawarkan serta membuka diri untuk memberikan konsultasi kepada mahasiswa yang akan mengambil PKM bidang kewirausahaan.

Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi inspirasi serta membuka wawasan mahasiswa/i FIB, untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan PKM yang sedang digalakkan oleh pihak Fakultas..

FIB UNSOED FIB UNSOED
Komplek UNSOED Karangwangkal, Jl. Dr. Suparno - Purwokerto
Telp/Fax : 0281-625152
Web: fib.unsoed.ac.id | e-mail: fib@unsoed.ac.id
© 2019 Fakulas Ilmu Budaya Unsoed. All Rights Reserved. Follow FIB UNSOED : Facebook Twitter @fib.unsoed Channel FIB Unsoed