header-int

Wisuda Peserta Program Access Site Purwokerto

Senin, 16 Sep 2019, 23:40:19 WIB - 141 View
Share
Wisuda Peserta Program Access Site Purwokerto

[fib.unsoed.ac.id] Senin (16/09/19) bertempat di Aula Gedung D Fakultas Ilmu Budaya Unsoed Access Program Site Purwokerto melaksanakan Wisuda bagi 60 siswa/mahasiswa angkatan pertama Program Beasiswa kursus/belajar bahasa Inggris Access Microscholarship. Program ini adalah program dari RELO US Embassy yang diadakan setiap tahun di 5 sites di Indonesia. Program berlangsung selama 2 tahun dan pada tahun 2017 Purwokerto terpilih menjadi lokasi kursus program Access ini bersama-sama dengan Jambi, Balikpapan, Manado, dan Kepulauan Seribu (Jakarta). Di Purwokerto kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya Unsoed. Para peserta program adalah siswa SMA, SMK dan mahasiswa perguruan tinggi dari latar belakang ekonomi yang kurang beruntung.

Di Purwokerto sendiri, program tersebut adalah salah satu hasil kerja sama antara Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar dan Konsulat Amerika Serikat sebagai fasilitator program, Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu provider yang menangani Access Microscholarship program di Indonesia, dan FIB Unsoed sebagai tempat pelaksanaan Access Purwokerto. Sebanyak 60 siswa angkatan pertama program Access Microscholarship Purwokerto yang terdiri dari 20 mahasiswa dan 40 siswa SMA – SMK di Banyumas, telah menjalani kursus sejak November 2017 hingga awal Agustus 2019. Selama mengikuti program, siswa tidak hanya difasilitasi belajar bahasa Inggris di dalam kelas, namun juga berbagai macam kegiatan di luar kelas seperti Tourguide, Camping, Holiday Program, serta diskusi film dan topik-topik seperti Feminisme, Bullying, dan lain sebagainya,” papar Tuti Purwati, S.S., M.Pd selaku Koordinator Access Site Purwokerto.

 

Hadir dalam acara wisuda tersebut Emily Abraham, Wakil Atase Kebudayaan, Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta (Assistant Cultural Affairs Officer, U.S. Embassy Jakarta) didampingi Catur Wahyudi (Regional English Language Office Assistant U.S. Embassy, Jakarta) dan Sisilia S Halimi, Ph.D (Manager Kerjasama, Ventura, dan Alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI). Hadir pula para pejabat di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Unsoed, para siswa Access dan orangtua siswa Access dan perwakilan dari sekolah dan Universitas dari siswa Access.