Study Program Coordinator

Visi Keilmuan Program Studi

“Menjadi Pusat Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Digital, Kearifan Lokal, dan Berwawasan Wirausaha pada Tahun 2034

Tujuan Program Studi

  1. Pendidik pemula di bidang bahasa Indonesia yang menguasai pengembangan perangkat pembelajaran, metode, media, bahan ajar, dan penilaian serta menerapkannya dalam pembelajaran.
  2. Peneliti pemula bidang pendidikan, bahasa, dan sastra yang mengedepankan prinsip keandalan, ketelitian, objektivitas, generalisasi dan mengakomodasi etika penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  3. Calon pengajar BIPA yang kompeten dan menguasai teknik dasar pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing.
  4. Jurnalis, pewara, dan penyunting yang menerapkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa yang holistik.
  5. Wirausahawan yang mampu menerapkan ilmu kependidikan, kebahasaan, dan kesastraan sebagai bidang usaha yang memiliki prospektif tinggi serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat secara luas.

 

Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi

    Strategi pencapaian tujuan tersebut di atas adalah hasil diskusi di tingkat program studi yang merupakan evaluasi kontinyu yang melibatkan pimpinan UPPS. Strategi yang dihasilkan:

  1. Peningkatan kompetensi dosen PS melalui workshop, keterlibatan kegiatan di luar kampus, dan aktivitas Tri Dharma lainnya, PS membekali mahasiswa dengan teori dasar mengenai perangkat 8 pembelajaran, metode, media, sumber belajar, dan penilaian di bidang pendidikan bahasa Indonesia serta menerapkannya di sekolah melalui pengalaman yang kontekstual.
  2. Membekali mahasiswa metodologi penelitian mutakhir yang berlandaskan pada aspek kajian pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia dengan mengedepankan prinsip dan etika penelitian
  3. Membekali mahasiswa untuk menciptakan karya jurnalistik, penyiaran, dan melakukan kegiatan penyuntingan sesuai ejaan bahasa Indonesia.
  4. Membekali mahasiswa untuk menerapkan prinsip wirausaha serta menerapkannya sesuai ide di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia.

 

Keunggulan Kompetitif & Prospek Lulusan

Keunggulan Kompetitif:
  1. Status terakreditasi B melalui SK BAN PT Nomor 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/xii/2015.
  2. Tenaga pengajar terdiri dari delapan magister pendidikan
  3. Tingkat seleksi yang kompetitif dengan angka rata-rata 1500 untuk 50 kursi per tahun ajaran.
  4. Aktif dalam publikasi ilmiah tingkat nasional.
  5. Kerja sama pengembangan riset dengan berbagai lembaga pendidikan lainnya.
Prospek Lulusan:

Pendidik Pemula, Peneliti Pemula, Pengajar BIPA, Wirausahawan, Jurnalis