Purwokerto, 21 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) baru saja menyelesaikan asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) pada tanggal 19-20 Juli 2024. Asesmen ini dihadiri oleh dua asesor ternama, yaitu Prof. Dr. Maman Suryaman, M.Pd., dan Prof. Dr. Dyah Werdiningsih, M.Pd., yang melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program studi tersebut.
Asesmen lapangan ini turut dihadiri oleh semua tim Unit Pengelola Program Studi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed, seluruh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, serta Dekan FIB, Dr. Ely Triasih Rahayu, S.S., M.Hum., beserta jajarannya. Selain itu, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP3M), Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN.Eng., Tim GPM FIB, dan seluruh pihak terkait juga hadir dalam kegiatan ini.
Selama dua hari pelaksanaan, para asesor dari LAMDIK melakukan berbagai kegiatan asesmen, termasuk observasi fasilitas, wawancara dengan dosen dan mahasiswa, serta peninjauan dokumen-dokumen akademik dan administratif. Prof. Dr. Maman Suryaman, M.Pd., menyatakan bahwa asesmen ini bertujuan untuk memastikan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh LAMDIK.
Prof. Dr. Dyah Werdiningsih, M.Pd., menambahkan bahwa hasil asesmen ini akan menjadi acuan penting bagi pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di program studi tersebut. “Kami berharap asesmen ini dapat memberikan masukan konstruktif untuk perbaikan dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan,” ujarnya.
Dekan FIB, Dr. Ely Triasih Rahayu, S.S., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para asesor dan seluruh tim yang terlibat dalam proses asesmen ini. Beliau juga menekankan komitmen FIB Unsoed untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan akademik demi mencapai akreditasi yang lebih baik.
Ketua LP3M, Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN.Eng., juga mengungkapkan pentingnya asesmen ini dalam rangka penjaminan mutu pendidikan di Unsoed. “Asesmen ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa setiap program studi di Unsoed dapat memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar nasional dan internasional,” tuturnya.
Dengan selesainya asesmen lapangan ini, diharapkan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed dapat memperoleh hasil akreditasi yang unggul dan semakin memperkuat posisi Unsoed sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Hasil asesmen ini juga akan menjadi dasar bagi program studi untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam rangka mencetak lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.