KULIAH PAKAR DAN DISEMINASI BKP RISET MBKM

[fib.unsoed.ac.id] Rabu, 27 Juli 2022 Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia FIB Unsoed menggelar Kuliah Pakar dan Diseminasi BKP Riset MBKM. Gelaran ini bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI). Acara dihadiri oleh dua narasumber yang berbeda. Narasumber pertama merupakan Ketua ADOBSI, yakni Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum. Narasumber kedua merupakan Kadiv MBKM ADOBSI, yakni Dr. Memet Sudaryanto, M. Pd.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya, Dr.Ely Triasih Rahayu, S.S., M. Hum. Sambutan hangat beliau sampaikan dengan harapan dapat menambah wawasan para mahasiswa di bidang penelitian atau riset. Sambutan lainnya juga disampaikan oleh Ketua ADOBSI  Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.; Kadiv MBKM ADOBSI Dr. Memet Sudaryanto, M. Pd.; dan Ketua Pelaksana Kuliah Pakar M. Riyanton, S.S., M.Pd. Acara tersebut juga dihadiri oleh para mahasiswa dan beberapa dosen dari berbagai perguruan tinggi dengan jumlah 153 partisipan.

Narasumber pertama menyampaikan banyak keilmuan mengenai landasan hukum, kebijakan nasional, dan institusional pengembangan kurikulum pendidikan tinggi. Narasumber kedua menyajikan pengetahuan mengenai bentuk kegiatan pembelajaran MBKM Riset Mandiri. Menurutnya, MBKM merupakan skema baru pendidikan  dan menjadi bentuk konkret pencapaian learning continuum yang tersinkron dengan educational theory that bases each part of an educational system around goals (outcomes) atau OBE.

Selanjutnya, para mahasiswa serta dosen pembimbing melakukan pemaparannya mengenai hasil riset yang sebelumnya telah mereka teliti. Riset tersebut menjadi salah satu program MBKM terkonversi yang diadakan oleh prodi. Tim riset terdiri dari 29 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang masing-masing didampingi oleh dosen pembimbing.

Mahasiswa melakukan riset yang berbeda-beda. Riset tersebut terbagi ke dalam 9 topik, yakni Unsur kosakata Darmasiswa BIPA Unsoed; Gadget untuk PJJ Bahasa Indonesia; Analisis Tanda dalam Cerpen: Kajian Semiotika; Kelayakan Bahasa Soal Cerita Matematika: Kajian Psikopragmatik; Strukturalisme dan Fungsi Cerita Legenda Raden Kamandaka; Tindak Tutur Ilokusi Podcast Deddy Corbuzier; Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Micro Teaching Unsoed; Kelayakan Buku Teks Siswa dan Kandungan Stimulus Komunikasi Efektif; serta Pemertahanan Bahasa Sunda. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari partisipan kepada pemapar. Selain itu partisipan juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan kritik serta sarannya.