Sosialisasi Percepatan Lektor, Lektor Kepala, dan Guru Besar

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan acara bertajuk “Sosialisasi Percepatan Lektor, Lektor Kepala, dan Guru Besar” pada hari Rabu (11/01/2023). Acara sosialisasi yang bertempat di aula Gedung Bambang Lelono FIB ini menghadirkan Prof. Dr.rer.nat Imam Widhiono sebagai narasumber.

Dalam acara sosialisasi yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB ini, Prof Imam memberikan motivasi dan trik agar para dosen FIB Unsoed segera mengajukan kenaikan untuk jabatan fungsional mereka. “Saat ini, masih banyak dosen-dosen yang belum move on ke paradigma baru, tertidur nyenyak di kebiasaan lama, dan berpikiran yang penting lulus BKD. Kita harus mengubah pola pikir ini.”, ujar Prof. Imam. Selain memberikan motivasi dan trik untuk dosen agar lebih cepat mengajukan kenaikan jabatan fungsional, Prof. Imam juga membuka sesi diskusi dan tanya jawab bagi para dosen FIB. Beberapa dosen terlihat antusias dan termotivasi untuk segera mengajukan kenaikan jabatan fungsional. Prof. Imam juga menyarankan agar FIB segera membentuk tim percepatan kenaikan jabatan fungsional agar dosen-dosen di FIB dapat segera mencapai jabatan fungsional tertinggi, yakni guru besar.

Untuk dapat mencapai target jabatan fungsional yang diinginkan, setiap dosen harus memenuhi kum atau poin tiap jabatan fungsional. Kum tersebut diperoleh dari tridharma perguruan tinggi, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Kebanyakan dosen susah untuk publikasi karena susah untuk menulis. Kita harus bantu dosen-dosen tersebut untuk dapat menulis dan mempublikasikan tulisannya di jurnal bereputasi.”, imbuh Prof. Imam. Harapannya semoga setelah sosialisasi ini, dosen-dosen FIB dapat segera mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk dapat menaikkan jabatan fungsional yang mereka miliki.