Buku Pedoman Akademik

Kalender Akademik

Prosedur & Form Layanan Akademik

Etika dan Tata Krama Melalui  Media Sosial Kepada Dosen atau Bagian Administrasi

Di era digital ini, cara paling praktis untuk menghubungi dosen atau pegawai di lingungan Fakultas  adalah via WA. Baik itu mau bikin janji temu, mau minta bantuan, minta dituliskan surat referensi atau mau konsultasi, seringkali dimulai dari WA dulu. Jadi penting sekali mengetahui tata krama dan etika seputar WA.

Menurut pengakuan NARASUMBER, biasanya ISI WA dari mahasiswa tidak dibalas karena:

  1. Isi PESAN WA tidak berkenan di hati, alias tidak sopan.
  2. Salah waktu. Jika menghubungi di waktu sibuk biasanya akan terlewatkan, kemudian terlupakan.
  3. Lebih suka ditelpon.
  4. Pulsa habis
  5. Intinya NARASUMBER berharap sebagai manusia harus di HARGAI oleh sesama

Pedoman Etika Menghubungi Dosen atau Bagian Administrasi Melalui HandPhone

  1. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Contoh: hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 atau di waktu ibadah.
  2. Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam. Contoh: Selamat pagi Bapak/Ibu, atau Assalamualaikum (apabila kedua belah pihak sesama muslim).
  3. Ucapkan kata maaf untuk menunjukkan sopan santun dari kerendahan hati Anda. Contoh: “Mohon maaf menganggu waktu Ibu/Bapak”.
  4. Setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. Maka, pastikan Anda menyampaikan identitas Anda di setiap awal komunikasi/percakapan.

Contoh: “Nama saya VIA VALLEN, NIM J1B020400  mahasiswa s1 Sastra Indonesia 2020, semester ini mengambil mata kuliah PANCASILA di kelas Ibu/Bapak”.

  1. Gunakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Hindari menyingkat kata seperti ‘dmn, yg, ak, kpn, otw, sy’. Hindari kata ganti non formal seperti ‘aku, ok, iye, atau bahasa GAUL dll’.
  2. Tulislah pesan dengan singkat dan jelas. Contoh: “Saya memerlukan tanda tangan Bapak/Ibu di lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu ?“
  3. Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih atau salam sebagai penutup.

Prosedur Pengajuan Outline Skripsi

  1. Mahasiswa telah menempuh SKS minimal 127
  2. Mahasiswa menyerahkan hasil tes tofl berapapun hasilnya sebagai syarat pengajuan outline
  3. Mahasiswa telah mengambil Mata Kuliah Skripsi dalam KRS
  4. Mahasiswa menyerahkan outline skripsi (maksimal 3 judul outline) ke staf jurusan
  5. Mahasiswa mengisi form yang disediakan Bapendik
  6. Bapendik menyerahkan outline kepada komisi skripsi
  7. Komisi skripsi memanggil mahasiswa untuk wawancara
  8. Wawancara dan penetapan pembimbing/penguji dilaksanakan setiap hari Senin minggu keempat setiap bulan
  9. Komisi skripsi menetapkan pembimbing dan penguji
  10. Bapendik mengumumkan daftar pembimbing yang telah ditetapkan komisi

Prosedur Pelaksanaan Ujian Komprehensif

  1. Mahasiswa telah menyelesaikan revisi skripsi
  2. Mahasiswa mendaftar ujian komprehensif kepada komisi skripsi
  3. Komisi skripsi menetapkan hari/tanggal/jam pelaksanaan ujian komprehensif
  4. Bapendik menyusun surat undangan pelaksanaan ujian komprehensif

Alur Pendaftaran Yudisium dan Wisuda

  1. Mahasiswa membawa hasil nilai ujian Skripsi/Komprehensif
  2. Staf Prodi merekap nilai Skripsi & Komprehensif
  3. Wakil Dekan I mengentri nilai Skripsi/Komprehensif ke SIA
  4. Mahasiswa meminta pembuatan transkrip sementara yang sudah ada nilai S & K
  5. Mahasiswa mendaftar yudisium ke Bagian Administrasi Akademik dengan membawa Syarat Yudisium :
    1. Bukti unggah Artikel Ilmiah
    2. Surat Bebas Perpustakaan dari Fakultas
    3. Surat Bukti Penyerahan Skripsi & Bebas Perpustakaan dari Universitas Transkrip nilai yang sudah ada nilai S & K
    4. Pas foto 3/4 (2 lembar berwarna)
    5. Fotocopy ijasah terakhir
    6. Stofmap
  6. Pelaksanaan Yudisium
  7. Operator mengunggah SK Yudisium ke SIA
  8. Mendaftar wisuda online
  9. Mahasiswa ke Bag. Administrasi Akademik dengan membawa Biodata ijasah & Buku Alumni
  10. Petugas meminta tanda tangan Kasub Bag & distempel Fakultas
  11. Mahasiswa mendaftar wisuda dengan menyerahkan berkas ke Subbag. Registrasi & Statistik
Etika Bermedia Sosial

Etika dan Tata Krama Melalui  Media Sosial Kepada Dosen atau Bagian Administrasi

Di era digital ini, cara paling praktis untuk menghubungi dosen atau pegawai di lingungan Fakultas  adalah via WA. Baik itu mau bikin janji temu, mau minta bantuan, minta dituliskan surat referensi atau mau konsultasi, seringkali dimulai dari WA dulu. Jadi penting sekali mengetahui tata krama dan etika seputar WA.

Menurut pengakuan NARASUMBER, biasanya ISI WA dari mahasiswa tidak dibalas karena:

  1. Isi PESAN WA tidak berkenan di hati, alias tidak sopan.
  2. Salah waktu. Jika menghubungi di waktu sibuk biasanya akan terlewatkan, kemudian terlupakan.
  3. Lebih suka ditelpon.
  4. Pulsa habis
  5. Intinya NARASUMBER berharap sebagai manusia harus di HARGAI oleh sesama

Pedoman Etika Menghubungi Dosen atau Bagian Administrasi Melalui HandPhone

  1. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Contoh: hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 atau di waktu ibadah.
  2. Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam. Contoh: Selamat pagi Bapak/Ibu, atau Assalamualaikum (apabila kedua belah pihak sesama muslim).
  3. Ucapkan kata maaf untuk menunjukkan sopan santun dari kerendahan hati Anda. Contoh: “Mohon maaf menganggu waktu Ibu/Bapak”.
  4. Setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. Maka, pastikan Anda menyampaikan identitas Anda di setiap awal komunikasi/percakapan.

Contoh: “Nama saya VIA VALLEN, NIM J1B020400  mahasiswa s1 Sastra Indonesia 2020, semester ini mengambil mata kuliah PANCASILA di kelas Ibu/Bapak”.

  1. Gunakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Hindari menyingkat kata seperti ‘dmn, yg, ak, kpn, otw, sy’. Hindari kata ganti non formal seperti ‘aku, ok, iye, atau bahasa GAUL dll’.
  2. Tulislah pesan dengan singkat dan jelas. Contoh: “Saya memerlukan tanda tangan Bapak/Ibu di lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu ?“
  3. Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih atau salam sebagai penutup.
Prosedur Pengajuan Outline Skripsi

Prosedur Pengajuan Outline Skripsi

  1. Mahasiswa telah menempuh SKS minimal 127
  2. Mahasiswa menyerahkan hasil tes tofl berapapun hasilnya sebagai syarat pengajuan outline
  3. Mahasiswa telah mengambil Mata Kuliah Skripsi dalam KRS
  4. Mahasiswa menyerahkan outline skripsi (maksimal 3 judul outline) ke staf jurusan
  5. Mahasiswa mengisi form yang disediakan Bapendik
  6. Bapendik menyerahkan outline kepada komisi skripsi
  7. Komisi skripsi memanggil mahasiswa untuk wawancara
  8. Wawancara dan penetapan pembimbing/penguji dilaksanakan setiap hari Senin minggu keempat setiap bulan
  9. Komisi skripsi menetapkan pembimbing dan penguji
  10. Bapendik mengumumkan daftar pembimbing yang telah ditetapkan komisi
Prosedur Pelaksanaan Ujian Komprehensif

Prosedur Pelaksanaan Ujian Komprehensif

  1. Mahasiswa telah menyelesaikan revisi skripsi
  2. Mahasiswa mendaftar ujian komprehensif kepada komisi skripsi
  3. Komisi skripsi menetapkan hari/tanggal/jam pelaksanaan ujian komprehensif
  4. Bapendik menyusun surat undangan pelaksanaan ujian komprehensif
Alur Pendaftaran Yudisium dan Wisuda

Alur Pendaftaran Yudisium dan Wisuda

  1. Mahasiswa membawa hasil nilai ujian Skripsi/Komprehensif
  2. Staf Prodi merekap nilai Skripsi & Komprehensif
  3. Wakil Dekan I mengentri nilai Skripsi/Komprehensif ke SIA
  4. Mahasiswa meminta pembuatan transkrip sementara yang sudah ada nilai S & K
  5. Mahasiswa mendaftar yudisium ke Bagian Administrasi Akademik dengan membawa Syarat Yudisium :
    1. Bukti unggah Artikel Ilmiah
    2. Surat Bebas Perpustakaan dari Fakultas
    3. Surat Bukti Penyerahan Skripsi & Bebas Perpustakaan dari Universitas Transkrip nilai yang sudah ada nilai S & K
    4. Pas foto 3/4 (2 lembar berwarna)
    5. Fotocopy ijasah terakhir
    6. Stofmap
  6. Pelaksanaan Yudisium
  7. Operator mengunggah SK Yudisium ke SIA
  8. Mendaftar wisuda online
  9. Mahasiswa ke Bag. Administrasi Akademik dengan membawa Biodata ijasah & Buku Alumni
  10. Petugas meminta tanda tangan Kasub Bag & distempel Fakultas
  11. Mahasiswa mendaftar wisuda dengan menyerahkan berkas ke Subbag. Registrasi & Statistik

Formulir Cuti Akademik

Unduh

Formulir Aktif Akademik

Unduh

Formulir Perpanjangan Cuti Akademik

Unduh

Formulir Keterangan Masih Aktif

Unduh

Formulir Keterangan Bebas Teori

Unduh

Formulir Rekomendasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021

Unduh

Template Studi Lanjut S2 Untuk Alumni

Unduh

Prosiding Seminar Nasional FIB 2021

Unduh

Surat Pernyataan Kemajuan Luaran Penelitian / Pengabidan Dana BLU Unsoed 2023

Unduh

Jadwal UTS Gasal 2024-2025

Unduh

Sistem Informasi Akademik

Universitas Jenderal Soedirman

Get Started