Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) menjadi salah satu instrumen penting dalam menjaga kualitas dan kinerja sebuah lembaga pendidikan tinggi, termasuk Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Mekanisme tindak lanjut atas temuan yang dilaporkan oleh PPMU dapat ditempuh melalui Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). RTM adalah pertemuan yang dilakukan oleh manajemen secara periodik untuk meninjau kinerja sistem manajemen mutu dan kinerja pelayanan institusi untuk memastikan kelanjutan, kesesuaian, kecukupan dan efektivitas sistem manajemen mutu dan manajemen pelayanan. Rapat Tinjauan Manajemen FIB Unsoed merupakan tahapan yang strategis untuk memanfaatkan hasil AIMA sebagai bagian dari aspek pengendalian dalam PPEPP. Rapat tinjauan manajemen di lingkungan FIB Unsoed telah dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat program studi, fakultas, hingga universitas. Tindak lanjut dari rapat tinjauan manajemen merupakan bentuk nyata komitmen pimpinan untuk peningkatan mutu. RTM dipimpin langsung oleh pimpinan dan dihadiri oleh seluruh jajaran struktural. Luaran yang diharapkan dari RTM adalah berupa kebijakan untuk peningkatan efektivitas sistem penjaminan mutu dan prosesnya.

Tujuan RTM yaitu:

  1. Mengimplementasikan siklus manajemen mutu/ PPEPP dalam kurun waktu tertentu terhadap manajemen institusi.
  2. Mereview hasil Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) yang telah dilaksanakan oleh universitas, melalui Pusat Penjaminan Mutu LP3M Unsoed.
  3. Mengidentifikasi kelebihan, kelemahan serta capaian apa yang belum sesuai dengan target yang telah ditetapkan
  4. Menguatkan keunggulan institusi akademik bagi peningkatan daya saing nasional dan internasional.
  5. Meningkatkan kualifikasi pendidikan dan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan serta tenaga fungsional dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
  6. Memperbaiki struktur tata kelola, mekanisme kerja, serta profesionalitas pelayanan akademik, kemahasiswaan, administrasi umum dan keuangan.
  7. Memberikan rekomendasi dalam rangka meningkatkan sasaran mutu pada periode berikutnya.

Laporan RTM